Menag: 61 Persen Calon Jamaah Haji Sudah Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Semarang, MINA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pemeriksaan calon jamaah haji tahun 2024 sudah dimulai. Ada 61 persen yang melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memenuhi syarat “istitha’ah”.

“Ini sudah mulai pemeriksaan jamaah calon haji untuk ‘istitha’ah’. Hari ini sudah terpenuhi jamaah calon haji yang periksa kesehatan 61 persen kurang lebih,” kata Menag usai penutupan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-23 tahun 2024 di Semarang, Sabtu (3/1) malam .

Istitha’ah atau standar kemampuan jamaah merupakan syarat wajib haji yang meliputi beberapa aspek, yakni kemampuan ekonomi, keamanan, dan kesehatan jasmani maupun rohani.

Indonesia mendapat kuota untuk memberangkatkan 241.000 orang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji pada tahun 2024.

“Jadi, tinggal sedikit yang belum periksa. Dan, saya yakin nanti setelah penutupan akhir Februari, pelunasan haji kami tutup, kuota jamaah haji kita bisa dipenuhi,” tambahnya.

Pemberangkatan jamaah Indonesia ke Arab Saudi akan dilaksanakan dalam dua gelombang.

Pada gelombang pertama, jamaah akan diberangkatkan dari Tanah Air menuju ke Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Kota Madinah dari 12 sampai 23 Mei 2024.

Pada gelombang kedua, jamaah akan diberangkatkan dari Tanah Air menuju ke King Abdul Azis International Airport (KAAIA) di Kota Jeddah dari 21 Mei sampai 1 Juni 2024.(R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.