Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menag Ajak Masyarakat Tanggapi Globalisasi dengan Bijak

Rendi Setiawan - Senin, 23 Januari 2017 - 14:15 WIB

Senin, 23 Januari 2017 - 14:15 WIB

355 Views ㅤ

Banten, 24 Rabi’ul Akhir 1438/23 Januari 2017 (MINA) – Menteri Agama RI (Menag) Lukman Hakim Saifuddin kembali mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk menanggapi perkembangan globalisasi dengan bijak.

“Informasi-informasi dengan cepat menyebar seakan dunia ini kini tanpa batas, meski demikian, kita harus waspada akan sisi negatif globalisasi ini. Kita butuh ketelitian, kearifan, kebijaksanaan untuk mencerna informasi yang kita dapatkan, agar tidak tidak terseret dalam permusuhan dan perpecahan,” ungkap Lukman dalam sambutannya pada Tabligh Akbar dan Peletakan Batu Pertama Ponpes Shohibul Muslimin (Parmusi Center), Provinsi Banten, Ahad (22/1).

Dalam sambutannya, Lukman menceritakan, kisah fitnatul qubro atau fitnah besar di mana Khalifah Utsman bin Affan dan Khalifah Ali bin Abi Thalib yang terbunuh karena berita bohong (hoax). Sahabat Utsman misalnya, dibunuh oleh seorang Muslim, yang tidak sembarang Muslim, bukan Muslim awam, tapi seorang hafidz, Info Publik melaporkan.

“Dia tergerak sendiri, membunuh sendiri, karena berita hoax, di mana sahabat Utsman diduga diisukan melalukan KKN, yakni nepotisme yang mementingkan familinya saja, tanpa tabayyun atau klarifikasi atas berita tersebut,” kata Lukman.

Baca Juga: Cuaca Jabodetabek Diprediksi Cerah Awal Pekan Ini

Menurut Lukman, sahabat Ali juga meninggal terbunuh oleh Muslim juga karena salah paham, oleh berita fitnah tak berdasar. Dampaknya, lanjut Lukman, karena beda tafsir lalu berimplikasi pada perkembangan umat Islam hingga kini, baik di bidang syariah, aqidah, tasawuf, dan lain sebagainya.

“Karenanya, mari kita jaga Indonesia kita,” ajak Lukman.

Ajakan Lukman muncul menyusul banyaknya berita-berita hoax yang belakangan ini tersebar di tengah masyarakat. (T/R06/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Baca Juga: Resmi Ditutup, Kaltim Raih Juara Umum MTQ Nasional 2024

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
MINA Sport
Kolom
Kolom
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional