Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menag: BAZNAS Jadi Motor Penting Penanggulangan Kemiskinan

sajadi Editor : Widi Kusnadi - 16 detik yang lalu

16 detik yang lalu

0 Views

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Indonesia 2024 di Jakarta, Selasa (15/10/2024)
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Indonesia 2024 di Jakarta, Selasa (15/10/2024)

Jakarta, MINA – Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI merupakan motor penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan, selama dikelola dengan baik, transparan, serta profesional.

“Kolaborasi dengan pemerintah itu penting sekali dilakukan. Pemerintah sudah membuka pintu lebar-lebar untuk perizinan bagi LAZ-LAZ yang ada di Indonesia,” ujar Menag saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Indonesia 2024 di Jakarta, Selasa (15/10).

Menurutnya, kemudahan perizinan LAZ-LAZ di Indonesia merupakan upaya memaksimalkan potensi zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang mencapai Rp327 triliun di Indonesia, di mana pada 2024 baru terealisasi Rp41 triliun.

“Bayangkan Rp300 triliun, sementara BAZNAS sendiri baru memiliki target Rp41 triliun, sekitar 10 persen baru bisa dikumpulkan dari potensi yang ada,” katanya.

Baca Juga: Smelter Milik Freeport Indonesia di Gresik Terbakar

Sementara itu, Ketua BAZNAS RI menyampaikan terima kasih dan aprsiasi kepada seluruh LAZ, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang bersama-sama dan berkolaborasi dengan BAZNAS mewujudkan kesejahteraan umat di sepanjang 2024.

“Alhamdulillah seluruh LAZ Nasional Provinsi/Kabupaten/Kota hadir, tujuannya adalah untuk mensinergikan langkah-langkah dalam pengelolaan zakat secara nasional, karena kita juga perlu menyampaikan kepada Presiden tentang bagaimana kita menggali potensi zakat yang ada di Indonesia sekaligus pengelolaanya dalam rangka pengentasan kemiskinan,” jelasnya.

Noor juga menyampaikan, potensi zakat di Indonesia masih sangat besar mencapai lebih dari Rp300 triliun. “Oleh karena itu, perlunya pengelolaan dan sinergi yang baik antara BAZNAS dan LAZ di seluruh Indonesia.”

“Saya berharap, dalam Rakornas LAZ kali ini, BAZNAS dan LAZ dalam menjalin sinergi dan kolaborasi dalam menyongsong tahun 2025 mendatang. Insya Allah apa yang kita lakukan ini mengikuti jejak-jejak amirul mukminin,” pungkasnya. []

Baca Juga: Yayasan Rumah Quran Silaturahim Wakafkan Mesin Roti untuk Masjid Jogokariyan

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Forum Komunikasi Bersama Kecamatan Cilegon menyalurkan donasi kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp102 juta melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI di Jakarta, Rabu (11/9/2024) (foto: Sajadi/MINA)
Indonesia
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menyerahkan infak kemanusiaan untuk Palestina melalui Grand Syekh Al-Azhar, Imam Akbar Ahmed Prof. Dr. Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb sebesar 2 juta dolar AS (lebih dari Rp32 miliar) dan akan disalurkan melalui lembaga Bayt Zakat Wa As-Shadaqat. (Foto: Humas BAZNAS RI)
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Kolom
Palestina
MINA Preneur
Kolom