Tinjau UN Tingkat MTs di Serang, Menag Beri Tiga Motivasi Untuk Pendidik

Menag tinjau Ujian Nasional di MAN 1 Surakarta. (Foto: Boy)

Serang, 7 Sya’ban 1438/3 Mei 2017 (MINA) – Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat MTs, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin berkesempatan memantau pelaksanaan UN di MTsN 1 Kota Serang dan MTs Nurul Falah Sabrang Petir Kabupaten Serang, Rabu (3/5).

Dalam pertemuan dengan para pendidik saat memantau pelaksanaan UN di MTsN 1 Kota Serang, Menag menyampaikan rasa syukurnya karena dapat bertemu dengan orang-orang berprofesi yang mulia. Menurutnya, pendidik dari waktu ke waktu aktifitasnya adalah upaya untuk menebarkan kemaslahatan bagi sesama.

Dalam kesempatan tersebut, Menag menyampaikan tiga motivasi bagi para pendidik yang ditemuinya. Pertama setiap orang yang mengajar hendaknya tidak semata mengerjakan kewajiban sebagai ASN akan tetapi tengah diniatkan membangun peradaban dunia.

“Karena kita sedang mendidik dan yang kita didik adalah suatu generasi bukan orang per orang,” ujar Menag, demikian keterangan pers Kemenag yang dikutip MINA.

Menag menjelaskan, pemaknaan terhadap profesi pendidik dapat lebih mendalam. Kedua, ia mengingatkan kepada para pendidik, metodologi atau cara menyampaikan materi jauh lebih penting daripada bahan ajar atau materi. Akan tetapi Menag menegaskan bahwa metodologi tidaklah lebih penting daripada kehadiran seorang pendidik yang mengajar dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang.

“Seorang guru mengajar dengan cinta, kalau pun harus menghukum, hukumlah dengan cinta,” kata Menag.

Ketiga, sebagai madrasah tsanawiyah tertua, MTsN 1 Kota Serang tentu telah banyak alumninya, maka dapat mulai diberdayakan alumni-alumninya.

Menag juga berpesan, agar berhati-hati dalam menyikapi perkembangan lembaga pendidikan. Menurutnya, banyak lembaga pendidikan yang berkembang, mampu menampung banyak siswa tetapi kualitasnya menurun.

“Kalau ingin berkembang harus dipastikan betul, masih dalam kapasitas kita dalam memanage. Jangan semakin banyak muridnya semakin menurun kualitasnya. Tetap fokus agar mutu dan kualitas MTs dapat senantiasa terjaga,” pesan Menag saat meninjau UN di MTsN yang berdiri sejak tahun 1978 ini.

Turut mendampingi Menag, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah M Nur Kholish Setiawan, Kakanwil Kemenag Provinsi Banten H. A. Bazari Syam beserta para jajarannya. (T/R09/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)