Menag Lepas Kepulangan Jamaah Haji

Jeddah, MINA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melepas kepulangan kloter 2 Embarkasi Solo (SOC 2, Jumat (15/7), di Plaza D 4 Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

In adalah hari pertama tahun ini.

Ada 358 jamaah yang tergabung dalam kloter ini. Mereka berasal dari Pati, Jawa Tengah.

Menag bersyukur jamaah haji telah melalui proses ibadah fisik, ibadah haji, dalam keadaan sehat, nyaman, dan tenang. Ia mendoakan semua mendapat haji mabrur.

“Terima kasih kami dari pemerintah, sekaligus permohonan doa dan maaf jika selama pemerintah memberikan pelayanan masih ada kekurangan,” kata Menag.

“Kami berjanji di masa yang akan datang terus melakukan perbaikan sehingga tamu Allah dalam beribadah semakin tenang, nyaman, dan khusyuk,” lanjutnya.

Pelepasan jamaah ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih kepada Menag oleh petugas kloter.

Fase pemulangan jamaah haji Indonesia dimulai. Total ada tujuh kelompok terbang (kloter) yang akan akan diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah menuju Tanah Air pada hari pertama fase pemulangan.

“Mulai hari ini, secara bertahap jamaah haji Indonesia tiba di tanah air. Mereka tergabung dalam tujuh Kelompok Terbang (Kloter) yang akan mendarat di empat Debarkasi,” kata Plh Biro Humas, Data dan Informasi, Wawan Djunaedi saat Konferensi Pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat (15/7).

Tujuh kloter tersebut, kata Wawan, terdiri atas dua kloter menuju Debarkasi Solo (SOC) dengan jumlah jamaah 714 orang. Satu kloter menuju Debarkasi Padang (PDG) dengan 393 jamaah. Dua kloter ke Debarkasi Jakarta – Bekasi (JKS) dengan 818 jamaah.

“Sebanyak dua kloter menuju Debarkasi Jakarta – Pondokgede (JKG) dengan 780 orang jamaah. Jadi, total sebanyak 2.705 jamaah,” terang Wawan.

Wawan menyampaikan, data jamaah sakit yang dirawat hingga saat ini sebanyak 107 orang, dengan rincian 28 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), dan 79 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

Sementara itu, ada lima jamaah yang dilaporkan wafat hari ini. Sehingga jumlah jamaah wafat sebanyak 52 orang. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.