Menag: Satgas Halal Untuk Tingkatkan Pelayanan Sertifikasi Halal Sampai ke Daerah-Daerah

Jakarta, MINA – Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan seluruh elemen Satuan Tugas Halal harus memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menjelaskan tentang Jaminan Produk Halal () kepada masyarakat.

“Saat ini, Satgas Halal menjadi perpanjangan tangan Kemenag guna memberikan layanan JPH di 34 provinsi di Indonesia,” kata Menag saat menutup Rapat Koordinasi Nasional Jaminan Produk Halal ( JPH), yang digelar secara luring dan daring, Jumat (18/12).

Dalam Rencana Strategis Kemenag tahun 2020-2024, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal () masuk dalam sasaran strategis nomor empat. Yaitu, meningkatnya kualitas pelayanan,

“Indikator keberhasilannya adalah kepuasan layanan sertifikasi dan registrasi produk halal,” ujar Menag.

Sementara itu, mengungkapkan, Rakornas JPH ini menghasilkan enam rekomendasi.

Pertama, percepatan penyelesaian Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Cipta Kerja yang sampai saat ini masih dalam tahap harmonisasi dengan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait.

“Dalam konteks rancangan peraturan pemerintah ini BPJPH sudah menyampaikan draftnya baik kepada Sekjen Kementerian Agama maupun kepada Menko Ekonomi selaku koordinator K/L terkait,” kata Sukoso.

Kedua, penyusunan proses bisnis jaminan produk halal yang akan diimplementasikan melalui layanan berbasis IT.

Ketiga, percepatan penerbitan Peraturan Menteri Keuangan tentang Tarif Layanan Halal.

Keempat, penyempurnaan Standar Operating Procedure (SOP) dari masing-masing pusat di lingkungan BPJPH, Sekretariat, dan Satuan Tugas Layanan Halal Daerah sesuai regulasi yang ada.

Kelima, penambahan SDM berbasis beban kerja di BPJPH tentunya sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

Keenam, percepatan pembentukan satuan kerja BPJPH di daerah, dan saat ini telah dikomunikasikan dengan Kemenpan RB.

Rapat Koordinasi Nasional Jaminan Produk Halal (Rakornas JPH), diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) diikuti oleh 131 peserta secara daring dan luring dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Seluruh peserta yang terdiri dari 68 orang Satgas Halal Provinsi dan 64 ASN Kemenag Pusat telah menjalani rapid test sebelum mengikuti kegiatan. Rakornas ini berlangsung sejak 15-18 Desember 2020 di Jakarta. (R/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hamidah Juariyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.