Menag Yaqut: Al-Qur’an Inspirasi Kemajuan

Jakarta, MINA – Menteri Agama (Menag) mengatakan, Al-Qur’an merupakan kemajuan. Hal ini diutarakan Menag Yaqut saat memberi sambutan dalam Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kenegaraan di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (19/4).

“Ketika Islam menyebar hingga pelosok dunia, satu yang sangat menonjol adalah lahirnya sosok-sosok ulama yang tak hanya dari satu bangsa, namun justru lahir dari bangsa-bangsa yang beragam,” kata Menag Yaqut dalam acara bertajuk ‘Kerukunan dan Keberagaman Perspektif Al-Qur’an’ ini.

Menag Yaqut menambahkan, banyak di antara masyarakat yang mengenal ulama keturunan Indonesia menjadi ulama di Haramain, yaitu Mekkah dan Madinah, di antaranya Imam Nawawi Al-Bantani, Syaikh Khatib Al-Minangkabaui, dan Syaikh Mahmud At-Tirmasi.

“Hal ini menjadi bukti bahwa Al-Qur’an telah menginspirasi kemajuan dan menjunjung tinggi kesetaraan hak dan kedudukan,” ujarnya.

Dalam acara yang dihadiri Imam Besar Masjid Istiqlal, Kiai Nasaruddin Umar ini, Menag Yaqut mengatakan, peran umat Islam dalam merawat keragaman Indonesia adalah bentuk nyata kemuliaan Al-Qur’an yang sejak awal menegaskan kehadirannya sebagai petunjuk bagi umat manusia.

“Keragaman dalam kehidupan ini adalah keniscayaan. Kita tidak hanya beragam dalam bahasa dan warna kulit, namun juga beragam dalam keyakinan dan pemahaman. Maka tak pernah ada sebuah zaman yang seluruh anak zamannya berada dalam satu pemahaman yang satu,” jelasnya.

Al-Qur’an, imbuh dia, datang dan menjelma sebagai pemersatu keragaman tersebut. Ketika bangsa-bangsa Arab berselisih tentang siapa yang lebih mulia, Al-Qur’an datang dengan konsep kesetaraan hak dan tanggung jawab tanpa membedakan warna kulit.

“Setiap orang tak pernah benar-benar lebih mulia dari orang lain kecuali kualitas takwanya. Al-Qur’an merangkul seluruh umat manusia tanpa membedakan warna kulit dan darimana sukunya berasal,” tambahnya dalam acara yang juga dihadiri Wakil Ketua Umum PBNU Kiai Zulfa Mustafa ini.

Hadir pada Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kenegaraan ini antara lain Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Sekretaris Ditjen Bimas Islam M. Fuad Nassar, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (L/R2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)