Menanti Gebrakan Menpora Baru, Zainudin Amali

(Foto: Kemenpora)

Oleh : Lailatul Mukarromah – Wartawan MINA

Presiden Indonesia Joko Widodo telah melantik menteri-meneri Kabinet Indonesia Maju (2019 – 2024) di Istana Negara pada Rabu (23/10/2019).

Adapun untuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Jokowi menunjuk Zainudin Amali.

Terpilihnya Zainudin Amali tersebut merupakan sebuah kejutan. Sebab, Zainudin tidak memiliki latar belakang yang kental dalam dunia olahraga.

Namun, sejumlah sumber menyebutkan Zainudin merupakan sosok yang gemar berolahraga. Tidak hanya sepak bola, bulutangkis, bola voli, tenis meja, golf, sepeda, lari, hingga renang merupakan olahraga yang digemarinya.

Sebagai Menpora, Zainudin Amali bertekad untuk membuat anak-anak muda berprestasi di bidang olahraga di tingkat Internasional. Menurut dia, pembinaan atlet di dalam negeri harus lebih diperhatikan.

“Kita ini prihatin, bangsa yang besar tapi prestasi tidak sebanding dengan jumlah penduduk kita yang besar,” kata Zainudin.

Zainudin Amali adalah seorang politisi senior, berpengalaman di organisasi kepemudaan. Bertugas di kewirausahaan pemuda, industri olahraga dan pariwisata olahraga.

Sejumlah pekerjaan telah menunggu Zainudin sebagai Menpora. Diantaranya RUU sistem keolahragaan nasional dan memperbaiki peringkat SEA GAMES.

Selain persiapan SEA Games 2019 yang akan digelar di Filipina, 30 November-11 Desember mendatang, Zainudin juga harus mempersiapkan Olimpiade 2020, PON 2020, dan Asian Games 2022.

Indonesia juga akan menjadi tuan rumah sejumlah ajang Internasional, seperti Piala Dunia U-20 di 2021, MotoGP di 2021 dan Piala Dunia Bola Basket 2023.

Latar belakang

Zainudin amali merupakan pria kelahiran 16 September 1962 di Gorontalo, Sulawesi.

Zainudin adalah lulusan dari STIE Swadaya Jakarta pada 1992. Ia kemudian meraih gelar sarjananya ketika usianya sudah menginjak 30 tahun.

Selepas itu, Zainudin tak langsung terjun ke dunia politik. Ia adalah seorang pengusaha sukses.

Zainudin pernah memimpin sejumlah perusahaan yakni PT Putra Mas, PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, PT Gitrana Sendiko, PT Surya Terang Agung, PT Makmur Triagung, dan PT Supra Dinakarya.

Zainudin memulai karirnya di dunia politik bersama partai Golkar. Bersama partai tersebut, ia mampu merasakan berbagai jabatan dan memiliki karier panjang di dunia politik.

Zainudin merupakan anggota DPR RI selama empat periode dan menempati berbagai komisi.

Untuk periode 2014-2019, ia menduduki Komisi II yang mengurus Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, serta Pertanahan dan Reforma Agraria.

Berikut adalah profil singkat Zainudin yang dilansir dari berbagai sumber :

1. Berasal dari Gorontalo

Suami Nadiah ini lahir di Gorontalo, Sulawesi. Dia mengenyam bangku sekolah dasar di SDN Buhu, Gorontalo. Namun dia menyelesaikan pendidikan SMP dan SMA di Manado.

2. Aktif di Organisasi

Zainudin Amali aktif di berbagai organisasi sejak mahasiswa. Selain pernah membentuk liga mahasiswa, Ia merupakan Ketua Bakornas Lembaga Pers Mahasiswa Islam (underbouw HMI dalam pers) (1986-1987) dan Ketua Umum Gema Kosgoro.

3. Politikus Golkar

Pria 57 tahun itu merupakan anggota Partai Golongan Karya. Dia menjabat Ketua DPP Partai Golkar periode 2014-2019.

Zainudin bahkan pernah menjabat Sekjen DPP Partai Golkar dari hasil Munas Ancol. Hasil Munas Ancol menetapkan Agung Laksono sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

4. Anggota DPR

Zainudin merupakan anggota DPR yang terpilih sebanyak 4 kali. Dia terpilih pertama kali menjadi anggota Dewan mewakili Provinsi Gorontalo periode 2004-2009 serta 3 kali mewakili Provinsi Jawa Timur pada periode 2009-2014, periode 2014-2019, dan periode 2019-2024.

5. Pengusaha

Pekerjaan lain Zainudin adalah pengusaha. Dia antara lain menjadi Direktur PT Putra Mas, Komisaris PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, Komisaris PT Gitrana Sendiko, Direktur PT Surya Terang Agung, dan Direktur PT Makmur Triagung. (A/LM/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)