Menara Taipei 101 Siap Gelar Pertunjukan Kembang Api Amazing Year 2020

Taipei, MINA – Menara Taipei 101 di Taiwan pernah menjadi gedung tertinggi di dunia, bangunannya terdiri dari 101 lantai dengan ketinggian gedung mencapai 508 meter.

Pertunjukan tahunan kembang api akan digelar di Menara Taipei 101 dalam rangka menyambut tahun baru 2020 nanti.

Chairman Taipei 101, Chang Hsueh-hsun, menjelaskan, Taipei 101 akan melanjutkan tema “Surprise101 – New 101 Amazing Year“, dengan estetika gaya hidup, humaniora dan seni, serta kreativitas mode sebagai elemen imajinatif.

“Pertunjukan kembang api menyambut tahun baru 2020 memperlihatkan jiwa semangat Taiwan,” kata Hsueh-hsun sebagaimana keterangan pers yang diterima MINA, Selasa (31/12).

Dia mengatakan, jaringan lampu T-Pad (T-Pad Light Network) yang telah diperbaharui dan desain kembang api, menyatukan kurasi dan pesta artistik bertema “Cahaya Harapan – Taiwan” terjalin dalam pertunjukan kembang api kelas dunia yang menakjubkan.

Selain itu, lanjut dia, animasi pertunjukan kembang api tahun baru kali ini berisikan empat bab dan enam paragraf. Pertama, “Animal Friendly Say Hi” meluncurkan animasi pembuka diantaranya kucing kuwuk, beruang hitam, kaisar, penyu hijau, spoonbill berwajah hitam, salmon kait ceri, dan lain-lain.

“Hewan-hewan konservasi langka di Taiwan ini semua ikut menyambut warga Taiwan di momen pertama perayaaan tahun baru 2020,” ujar Hsueh-hsun.

Kemudian dilanjutkan dengan munculnya sebuah perahu harapan dengan membawa mimpi dan harapan, yang menyatukan kekuatan semua pihak ke dalam titik cahaya, yang siap mengajak penonton untuk berangkat dan melakukan perjalanan bersama.

Setelah melalui empat bab pengalaman perjalanan “Harapan”, “Alam”, “Maju”, dan “Masa Depan”, bagian terakhir muncul gambar “2020 GO Taiwan!”

“Cahaya pengapian dan animasi yang indah tidak hanya menerangi langit malam, tetapi juga menerangi visi masa depan Taiwan,” imbuhnya.

Setiap tahun, Peluncuran kembang api di Taipei 101 sangat memukau. Namun, baik desain kembang api maupun proses peluncuran kembang api itu sendiri sangatlah tidak mudah. Karena pelepasan kembang api berada di pusat kota Taipei, dan ada jutaan penonton yang memadati area sekitar tempat peluncuran, maka jarak tembakan kembang api terbatas.

Selain memperhatikan keamanan bangunan itu sendiri dan bangunan di sekitarnya, juga harus memastikan keselamatan warga. Oleh karena itu, kembang api yang digunakan di Taipei 101 setiap tahunnya adalah “Single Pipe Firework” dengan risiko yang lebih rendah, bukan bubuk mesiu atau “bom kembang api” yang beresiko lebih tinggi.

“Ledakan kembang api umumnya memiliki beberapa tingkat variasi, terlepas dari warna atau pola, dan efek kembang api lainnya dapat ditampilkan dengan indah. Sebaliknya, single pipe firework memiliki variasi yang terbatas dan efek teknik ledakan kembang api tidak beragam seperti bom kembang api,” jelas Hsueh-hsun.

Namun tahun ini, Taipei 101 mengatasi keterbatasan single pipe firework dengan menggunakan teknologi baru untuk menciptakan efek kembang api yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

“Teknologi ini dapat menampilkan dua jenis dan tiga warna kembang api sekaligus dalam satu single pipe firework, yang secara signifikan meningkatkan efek variasi kembang api,” tambahnya.

Untuk ketiga kalinya, Taipei 101 telah mengintegrasikan T-Pad Light Network ke dalam perencanaan keseluruhan untuk pertunjukan Tahun Baru kali ini, dan juga menjadi bagian penting dari pertunjukan seni “Surprise 101. 101 amazing New Year“.

Tahun ini, jaringan lampu T-Pad diperbaharui, dikustomisasi dan dicetak ulang, diatur dengan teknologi grid transparan yang sepenuhnya tertutup.

Selain itu, setiap lampu LED di T-Pad Light Network telah melalui IP68 (Ingress Protection 68) pemeriksaan standar tinggi, memiliki tingkat ketahanan air dan debu tertinggi, yang memungkinkan publik untuk melihat sepanjang 235 meter, lebar 36 meter, luas 8.400 meter persegi, mencakup 34F-91F, dan total 140.000 lampu LED yang terbentuk dalam T-Pad Light Network.(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.