Turki: 330 Ribu Warga Suriah Pulang ke Rumah Setelah Operasi Turki

Istanbul, MINA – Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu pada Ahad (26/5) mengatakan, hampir 330.000 warga di Turki telah kembali ke rumah mereka sejak Turki berhasil menyelesaikan antiteror di Suriah utara.

Berbicara di Istanbul, Soylu mengatakan, kepulangan mereka berkat kedamaian yang diberikan di Afrin, daerah yang dibebaskan oleh Operasi Euphrates Shield.

“Saat ini Turki menampung sekitar 4 juta pengungsi Suriah, lebih banyak dari negara mana pun di dunia, tetapi banyak yang telah kembali ke daerah sejak stabilitas dan perdamaian dibangun oleh operasi kontrateroris Turki sejak 2016,” kata Soylu, demikian Middle East Monitor (MEMO) melaporkan.

“Lebih dari 41.000 migran Afghanistan datang ke Turki secara ilegal tahun ini dan sekitar setengah dari mereka sekitar 20.500, dipulangkan,” tambah Soylu.

Sejak 2016, operasi Euphrates Shield dan Olive Branch Turki di Suriah utara telah membebaskan wilayah Afrin dari kelompok bersenjata YPG/PKK dan ISIS, termasuk wilayah Al-Bab dan Azaz. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.