Mendikbud : Peran Kepala Sekolah Sangat Penting Dalam Penguatan Pendidikan Karakter

Madiun, 20 Jumadil Awwal 1438/18 Februari 2017 (MINA) –  Peran kepala sekolah sebagai seorang manajer sekolah sangat penting dan menentukan keberhasilan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kepala sekolah berperan menyusun program kegiatan dalam implementasi PPK dan mendorong guru untuk menjadi inspirator dan pendidik.

“Bapak Ibu (kepala sekolah) harus mendorong agar guru tidak sekadar ceramah di kelas tapi menjadi inspirator dan pendidik,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy di hadapan para kepala sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Madiun di kantor Bupati Madiun.

Dalam keterangan per Kemdikbud yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu, Mendikbud menjelaskan, program PPK saat ini sedang diuji coba di ratusan sekolah di Indonesia. Ia juga mengajak para kepala sekolah mendukung program ini untuk mempersiapkan generasi penerus yang memiliki karakter baik dan kuat.

Berbagai aktivitas di luar kelas akan membuat pendidikan karakter di sekolah terasa menyenangkan. “Jadi ini bukan berbasis kelas tetapi berbasis lingkungan. Aktivitas seperti bermain peran, berkolaborasi menyelesaikan suatu proyek dapat dilakukan dan ini menyenangkan,” ujar Mendikbud.

“Jika karakter baik tertanam sejak dini di diri anak-anak Indonesia, sampai dewasa karakter ini akan melekat dan menentukan keberhasilan generasi muda di masa depan. Karakter ini memiliki daya tahan yang tinggi dan akan menentukan keberhasilan mencapai apa yang mereka cita-citakan,” tuturnya. (T/R05/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.