Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mendukung Palestina: Dampak Positif dari Tindakan Sederhana

Redaksi Editor : Bahron Ansori - 18 detik yang lalu

18 detik yang lalu

0 Views

Foto: mina

Oleh Husen Kuroma, Pengajar Tahfidz di Masjid Al-Falah, Garut

Berita mengenai situasi Palestina selalu meramaikan perangkat elektronik kita. Ini adalah bagian kecil betapa kita sangat peduli dan selalu berusaha untuk memperhatikan situasi di Palestina. Kita harus selalu berusaha untuk memberikan bantuan kepada saudara-saudara di Palestina. Tak peduli, sekecil apapun itu. Setidaknya itulah yang sedang kita terus lakukan hingga saat ini.

Kabar baiknya, ada hal mudah dan sederhana yang bisa kita lakukan saat ini untuk membela dan membantu Palestina, dan itu punya dampak besar. Setidaknya minimal ada tiga hal yang bisa kita lakukan untuk membela dan terus membersamai Palestina antara lain sebagai berikut.

Pertama, sedekah. Kita tahu kondisi rakyat Palestina saat ini, hancurnya setiap sendi kehidupan di sana. Jelas sekali di mata kita, bahwa mereka sangat membutuhkan bantuan langsung saat ini. Sekecil apapun itu, bagi mereka adalah nafas kehidupan baru.

Baca Juga: Telaah Buku Bumi Palestina Milik Bangsa Palestina

Jangan tutup mata dan hati, sehingga mempersempit pikiran dan jiwa persatuan umat. Buang jauh-jauh kalimat “Buat apa jauh-jauh sedekah kesana, di indonesia saja masih butuh dan dekat lagi.” Kalimat ini bisa jadi menjadi salah satu jalan sempit yang membelenggu mindset kita sehingga bisa menjadi penyebab tertundanya kemenangan Palestina dan umat Islam di manapun berada. Kita sibuk memikirkan diri sendiri dan senang dengan perpecahan.

Bayangkan, sebagian kecil sedekah harta kita ikut membantu menyediakan obat-obatan, makanan, pakaian dan selimut yang membuat hangat badan mereka dari kesedihan dan dinginnya udara di malam hari. Bayangkan, pahala seperti apa yang akan kita dapatkan dari Allah Ta’ala jika kita terus ikhtiar dengan sedekah. Dalam Al-Qur’an, Allah berfirman, “Perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai ada seratus biji.” (QS. Al-Baqarah: 261).

Mungkin di mata manusia, sedekah kita kecil tak berarti. Tapi dalam pandangan Allah, ia bisa menjadi berkah dan berlipat ganda. Ingat, jangan pernah meremehkan sedekah, karena sedekah adalah penyambung nafas kehidupan bagi saudara kita disana.

Kedua, doa malam. Selain sedekah, hal lain yang mudah dan ringan bisa dilakukan setiap muslim untuk membela dan membantu Palestina adalah dengan menyisihkan waktu untuk berdoa untuk rakyat Palestina. Karena doa adalah senjata orang beriman. Disaat mereka, para mujahid berperang, mengangkat senjatanya. Kita juga bisa ikut angkat senjata dengan doa, terkhusus doa ketika dipenghujung malam. Saat semua kaum muslimin diseluruh dunia kompak melakukan hal ini, berapa banyak senjata doa yang sudah kita kirimkan untuk membantu melawan kejahatan para penjajah. Allahu Akbar!

Baca Juga: Selamat Milad ke-16 Aqsa Working Group

Mintalah dalam doa-doa kita untuk kebaikan rakyat Palestina. Mintakan agar mereka sabar, teguh, kokoh dalam menghadapi ujian yang sangat berat, sampai akhirnya pertolongan Allah datang kepada mereka. Jadi, berdoalah selalu untuk saudara kita di Palestina. Bisa jadi doa tulus yang kita sampaikan kepada Allah Ta’ala akan mengubah takdir Allah, sehingga akan berdatangan bala bantuan yang banyak diberbagai penjuru dunia.

Ketiga, suara kita harapan rakyat Palestina. Media dan media sosial (medsos) mempunyai andil besar pada perubahan opini dunia. Kita punya kekuatan itu, saat ini semua ada dalam tangan. Artinya, dengan media sosial yang kita miliki, kita bisa ikut berjuang untuk menyuarakan tentang kondisi yang dialami oleh rakyat Palestina. Karena itu gemakan selalu suara perjuangan kita membela Palestina dengan setiap hari berusaha untuk menyebarluaskan berita dan iformasi Palestina.

Bisa juga kita membuat konten sesuai keahlian masing-masing. Angkat itu Palestina dan sisipkan juga informasi tentang pentingnya persatuan untuk membela dan memperjuangkan kemerdaan Palestina. Mustahil Palestina akan merdeka tanpa persatuan umat Islam. Saat kita tidak bisa turun ke jalan melakukan aksi bela Palestina, atau terjun langsung ke medan pertempuran. Maka yang bisa kita lakukan sekarang sekali lagi adalah membuat konten untuk untuk mendukung perjuangan Palestina, Allahu Akbar!

Ingat, jangan anggap remeh satu postingan. Jangan merasa tak ada pengaruhnya sama sekali. Ingat, ombak besar bisa terjadi saat titik-titik gerakan kecil mulai disatukan. Kebenaran harus disampaikan meskipun oleh satu orang, karena kebenaran (al-haq) akan tetap menang dan kebatilan pada akhirnya akan hilang.

Baca Juga: Sublimasi dan Jalan Menuju Persatuan Sejati Umat Islam

Mari bersatu padu, melakukan hal-hal ringan dan sederhana, namun saat semua serentak melakukannya, maka akan ada badai besar berupa dukungan kita terhadap rakyat Palestina saat ini juga. Lalu dimanakah posisi kita sekarang berada?[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Menjemput Umur yang Berkah: Apa Saja Tanda-Tandanya?

Rekomendasi untuk Anda