Menggapai Keutamaan Shalat Tarawih pada Bulan Ramadhan

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior MINA, Pengasuh Ma’had Tahfidz Nurut Jannah Pandeglang (Manjada) Banten

Mendirikan atau shalat malam yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan () sangat dianjurkan bagi kita kaum Muslimin. Ibadah ini untuk melengkapi ibadah puasa Ramadhan pada siang harinya.

Shalat Tarawih dapat dilakukan sendiri-sendiri, dan lebih utama lagi dilaksanakan secara berjama’ah, dan itu merupakan syi’ar Islam yang begitu tampak pada bulan suci Ramadhan ini.

Adapun keutamaan melaksanakan shalat tarawih adalah akan mendapatkan ampunan dosa-dosa yang telah lalu.

Ini seperti disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa melakukan shalat malam Ramadhan (Tarawih) karena iman dan mengharap pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR Bukhari dan Muslim).

Pada hadits lain disebutkan:

إِنَّ رَمَضَانَ شَهْرٌ فَرَضَ اللَّهُ صِيَامَهُ وَإِنِّي سَنَنْتُ لِلْمُسلِمِيْنَ قِيَامَهُ فَمَنْ صَامَهُ وَقَامَهُ إِعيمَانًا وَاحْتِسَابًا خَرَجَ مِنْ الذُّنُوبْ كَيَوْم وَلَدَتْهُ أُمُّه

Artinya : “Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan di mana Allah mewajibkan puasanya, dan sesungguhnya aku menyunnahkan qiyamnya untuk orang-orang Islam. Maka barang siapa berpuasa Ramadhan dan qiyam Ramadhan (Tarawih)  karena iman dan mencari pahala, maka ia (pasti) keluar dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari ia dilahirkan oleh ibunya.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Oleh karena itu, marilah kita isi malam-malam Ramadhan ini dengan Shalat Tarawih melengkapi puasa Ramadhan. Di samping juga dengan amalan-amalan lainnya, seperti tadarus Al-Quran, berinfaq dan shadaqah, berdakwah dan berjihad di jalan Allah, baik lisan maupun tulisan, mengikuti Kajian-Kajian Keislaman atau belajar mandiri, membantu sesama yang membutuhkan, serta amalan-amalan kebaikan lainnya.

Semoga Allah memberikan kita kekuatan dan kemudahan dalam mendirikan Shalat Tarawih sepanjang malam pada bulan suci Ramadhan ini. Aamiin Yaa Rabb. (A/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)