Menhan Saudi Diagendakan Bertemu Pejabat Tinggi AS Bahas Perang Israel-Palestina

Riyadh, MINA – Menteri Pertahanan Pangeran Khalid bin Salman diagendakan akan bertemu dengan pejabat tinggi pemerintah AS pada hari Senin (30/10) di Washington DC, kata seorang pejabat Saudi kepada Al Arabiya.

Pangeran Khalid  diperkirakan akan bertemu dengan para pejabat tinggi pemerintahan Biden, seperti Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin.

Pangeran Khalid juga kemungkinan akan bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan dan kepala kebijakan Timur Tengah Gedung Putih, Brett McGurk.

Kunjungannya terjadi di tengah meningkatnya kekerasan dan ketegangan di Jalur Gaza akibat konflik Israel-Palestina yang sedang berlangsung.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (29/10), Arab Saudi mengutuk operasi darat yang dilakukan militer Israel, dengan mengatakan bahwa operasi tersebut dapat membahayakan nyawa warga sipil Palestina.

Sebelumnya, pada hari Rabu (25/10), Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman mendesak tindakan segera diambil untuk di Gaza melalui panggilan telepon dengan Presiden AS Joe Biden.

Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan dalam beberapa kesempatan juga menyerukan gencatan senjata dan pencabutan blokade di Gaza.

Berbicara setelah Pertemuan Tingkat Menteri Dewan Keamanan PBB awal pekan ini, Pangeran Faisal menuntut gencatan senjata segera di wilayah kantong yang dilanda perang tersebut, dan menambahkan bahwa tidak akan ada perdamaian di wilayah tersebut tanpa solusi yang adil terhadap masalah Palestina. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)