Meningkat Arus Pengungsi Melalui Libya Menuju Itali

(Foto: AFP)
(Foto: AFP)

Mediterania, 19 Jumadil Akhir 1437/29 Maret, 2016 (MINA) – Hampir 1.500 pengungsi, termasuk wanita dan anak-anak, yang datang dari Libya, telah diselamatkan di pantai lepas Mediterania selama dua hari terakhir, menurut laporan penjaga pantai Italia, Senin (28/3).

Sebanyak 1.482 orang telah ditemukan di laut pada hari Ahad dan Senin, menurut penjaga pantai Italia yang mengkoordinasikan upaya pencarian dan penyelamatan, demikian dilaporkan Worldbulletin dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Satuan penjaga pantai itu mengatakan 730 orang berhasil diselamatkan pada Ahad dan sebanyak 752 korban diselamatkan pada Senin, tapi tidak menyebutkan jumlah anak-anak dan wanita di papan pengumuman.

Badan Pengungsi PBB (UNHCR)_mengatakan pekan lalu bahwa hampir 14.500 pengungsi telah tiba di Italia lewat Libya sejak awal tahun ini, naik 42,5 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Libya telah lama menjadi batu loncatan bagi para pengungsi yang mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa, dengan tujuan pertama dengan Italia sekitar 300 kilometer (185 mil) di seberang laut.

Para pemimpin Eropa takut bahwa kesepakatan baru dengan Ankara untuk membendung aliran pengungsi tiba di Yunani melalui Turki akan meningkatkan upaya penyeberangan dari Libya. (T/P005/P2)

Mi’’raj Islamic News Agency (MINA)