MENKES PALESTINA AKAN HADIRI SERAH TERIMA RS INDONESIA DI JAKARTA

Foto gedung Rumah Sakit Indonesia di Gaza dan aktivitas di dalamnya. (Foto: Luly/MER-C)
Foto gedung Rumah Sakit Indonesia di Gaza dan aktivitas di dalamnya. (Foto: Luly/MER-C)

Jakarta, 28 Rabiul Awal 1437/8 Januari 2016 (MINA) – Menteri Kesehatan  Jawad Awad dipastikan akan menghadiri serah terima Rumah Sakit Indonesia () yang akan diserahkan secara simbolis kepada pemerintah Palestina di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Sabtu (9/1) besok.

Menkes Palestina sudah tiba di Jakarta pagi ini bersama beberapa delegasi Palestina lainnya, juga didampingi oleh Duta Besar Palestina untuk Indonesia Faris Mehdawi bersama wakilnya.

Acara serah terima juga akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) periode 2009-2014 Adhyaksa Dault, dan beberapa duta besar dari negara-negara sahabat.

Sebelumnya, pada 24 Desember lalu, Kementerian Kesehatan Palestina secara resmi membuka RS Indonesia yang memiliki 110 tempat tidur, termasuk 10 di antaranya untuk pelayanan unit gawat darurat.

“Rumah Sakit Indonesia merupakan tambahan cukup penting, dengan fasilitas medis kualitas tinggi untuk melayani rakyat utara Gaza,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Ashraf Al-Qudra kepada Quds Press usai peresmian pembukaan RS Indonesia di Bayt Lahiya, Gaza Utara.

RS Indonesia

RS Indonesia yang dibangun dari hasil donasi masyarakat Indonesia sudah beroperasi sejak 24 Desember lalu. RS Indonesia sebagai wujud kepedulian dan bantuan terbaik dari masyarakat Indonesia untuk Palestina.

Pembangunan RS Indonesia dimulai Januari 2009. Dana untuk pembangunan rumah sakit itu 100 persen diperoleh dari sumbangan rakyat Indonesia tanpa bantuan pemerintah dan bantuan asing.

Melalui donasi yang ada dari masyarakat Indonesia, RS Indonesia yang dibangun oleh lembaga medis kemanusiaan MER-C Indonesia bersama relawan dari jaringan Pondok Pesantren Al-Fatah se-Indonesia, dapat memberikan hadiah terbaik sebagai persembahan rakyat Indonesia untuk rakyat Gaza.

RS Indonesia menempati lahan seluas 16.261 meter persegi yang merupakan wakaf Pemerintah Palestina. Luas bangunan sekitar 10.000 meter persegi.

Rumah sakit itu terdiri dari dua lantai dan ruang bawah tanah. RS Indonesia memiliki 90 ruang rawat inap, 10 ruang instalasi gawat darurat, satu laboratorium, satu ruang radiologi, dan sepuluh ruang perawatan insentif berkapasitas 100-150 pasien.

Fasilitas Rumah Sakit Indonesia di Gaza cukup lengkap, antara lain meliputi aneka peralatan medis berteknologi canggih, seperti alat bedah ortopedi dan CT Scan. (L/P011/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)