Menkes Palestina Peringatkan Israel Seriusi Penanganan Pandemi Covid-19 Bagi Para Tahanan

Ramallah, MINA – Menteri Kesehatan Palestina, Mai Alkaila memperingatkan tentang wabah Covid-19 kepada ratusan tahanan politik Palestina di penjara-penjara Israel.

Ia mengatakan dalam sebuah pernyataan, semua penjara Israel berpotensi menjadi pusat wabah Covid-19 yang beresiko tinggi terhadap nyawa tahanan, terutama orang tua dan tahanan yang sedang sakit karena kepadatan yang berlebihan dan kurangnya jarak antar tahanan, WAFA melaporkannya, Ahad (3/1).

Ia menjelaskan, kehidupan dan kesehatan para tahanan merupakan tanggung jawab pendudukan Israel, terutama tahanan di penjara Naqab, yang terdapat lebih dari 1200 tahanan Palestina.

Alkaila juga menyerukan kepada organisasi internasional untuk menekan otoritas pendudukan Israel agar segera membebaskan tahanan yang sedang sakit dan lanjut usia karena risiko kesehatan yang saat ini dihadapi mereka dalam menghadapi pendemi Covid-19.

Ia meminta penunjukan komite yang tidak memihak untuk menjaga status kesehatan para tahanan dan mengawasi hasil pengujian mereka.

Sejak wabah pandemi pada awal Maret 2020, total 140 tahanan Palestina dinyatakan positif Covid-19.

Dari sekitar 4.500 tahanan politik Palestina di tahanan Israel, diperkirakan 700 orang menderita sakit yang 300 di antaranya menderita penyakit kronis dan serius seperti kanker dan membutuhkan perawatan kesehatan serta perawatan medis segera mungkin. (T/SR/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)