Menko PMK Akan Buka Pameran Pendidikan

Menko PMK, Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani dan Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Y.M. Liu Yandong dijadwalkan akan membuka pameran pendidikan.

Kerjasama antara Indonesia dan Tiongkok dalam bidang pendidikan tinggi telah lama terjalin. Dalam kerangka kerja sama bilateral People-to-People Exchange Mechanism di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, telah ditandatangani Nota Kesepahaman kerjasama dalam bidang Pendidikan Tinggi pada tahun 2015 di Jakarta yang ditindaklanjuti dengan penandatanganan dua Nota Kesepahaman tentang program beasiswa dan mutual recognition in academic higher education qualification pada tahun 2016 di Guiyang.

Baca Juga:  MUI Apresiasi Langkah Pemerintah Berantas Perjudian

Menindaklanjuti penandatanganan dokumen tersebut, Kementerian Pendidikan Tiongkok pun berkeinginan untuk lebih memperkenalkan lebih luas tentang pendidikan tinggi sekaligus perguruan tinggi di Tiongkok kepada masyarakat di Indonesia serta meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan Indonesia-China Higher Education Networking and Exhibition di Hotel Kartika Chandra Jakarta yang diselenggarakan selama satu hari pada 26 Nopember 2017.

Kegiatan ini pun mendapat respon yang cukup baik oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Indonesia dengan melibatkan perguruan tinggi di Indonesia untuk meningkatkan jejaring antara perguruan tinggi Indonesia dan Tiongkok, serta meningkatkan terjalinnya kerja sama dalam bentuk program mobility, riset bersama, mutual recognition dan pertukaran informasi.

Baca Juga:  Imaam Yakhsyallah: Pembebasan Masjid Al-Aqsa, Jalan Persatuan Umat

Sebanyak 35 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia mengikuti acara networking ini. Diantaranya adalah ITB, UI, IPB, UNAIR, UGM, UNDIP, ITS, ISBI Bandung, ISI Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Kristen Petra Surabaya.

Sedangkan dari Tiongkok, sebanyak 29 perguruan tinggi berpartisipasi pada pameran pendidikan ini, seperti Beijing Institute of Technology, Zhejiang University, Tsinghua University, dan South China University of Technology.

Pemerintah kedua pihak sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini karena mendorong terjadinya pertukaran mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk saling belajar dari masing-masing Negara. (R/R09/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)