Menko PMK: Hasil Renovasi Masjid Istiqlal Sangat Luar Biasa

Menko PMK Muhadjir Effendy melihat hasil renovasi Masjid Istiqlal.

Jakarta, MINA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pada Jumat (11/9) mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Kunjungan dilakukan dalam rangka ibadah, bersilaturahmi sekaligus melihat hasil renovasi masjid.

Muhadjir mengatakan, renovasi Masjid Istiqlal yang dilakukan sejak Mei 2019 dan rampung pada 22 Juli 2020 itu berjalan dengan baik dan telah mengubah wajah Masjid Istiqlal yang notabenenya sebagai masjid negara menjadi lebih bagus.

“Renovasi masjid ini sangat luar biasa, berjalan sangat baik, dan betul-betul merubah wajah Masjid Istiqlal sebagai masjid negara. Ini sekarang menjadi lebih bernas, lebih berwibawa dan syiarnya lebih memancar dari masjid ini sebagai simbol Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim terbesar di dunia,” ujar Muhadjir.

Dalam kunjungan itu, Muhadjir melihat sekeliling masjid, fasilitas parkir bawah tanah, perpustakaan serta fasilitas air siap minum.

Ia mengatakan, secara fisik Masjid Istiqlal kini sudah sangat memadai. Hal yang masih perlu ditingkatkan menurutnya adalah mengisi program-program dan kegiatan yang dilakukan Masjid Istiqlal.

Secara khusus ia juga memberikan arahan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal agar melakukan studi banding pengelolaan perpustakaan masjid ke negara lain. Sehingga perpustakaan Masjid Istiqlal dapat menjadi sumber pembelajaran perkembangan peradaban Islam.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menjelaskan bahwa sebagaimana yang telah diatur dalam Perpres No. 64 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Masjid istiqlal, tujuan renovasi yang dilakukan adalah untuk mewujudkan Masjid Istiqlal yang tidak hanya sebagai pusat ibadah mahdhah, tetapi juga sebagai tempat pemberdayaan umat.

Dia berharap nantinya Masjid Istiqlal bisa melakukan pemberdayaan umat dan dakwah tidak hanya di Indonesia, tetapi juga menjadi pelopor dakwah moderasi muslim dunia.

Selain itu, ia menjelaskan, Masjid Istiqlal juga akan menjadi menjadi pusat jaringan masjid ibu kota dari beberapa negara. Dia menerangkan saat ini sudah sudah ada beberapa anggota dari beberapa negara di dunia.

Dalam kunjungannya tersebut, Muhadjir didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Agus Sartono, Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin, dan jajaran pengurus Masjid Istiqlal. (R/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)