Menlu Akan Resmikan Konsulat Kehormatan RI untuk Palestina

 Juru Bicara Kementrian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia Armanatha Nasir. (Foto:MINA)
Juru Bicara Kementrian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia Armanatha Nasir. (Foto:MINA)

Jakarta, 18 Rabi’ul Akhir/28 Januari 2016 (MINA) – Juru Bicara Kementrian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia  Armanatha Nasir mengatakan, Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi akan meresmikan konsulat kehormatan di Ramallah dalam waktu dekat ini.

“Semua persiapan sudah selesai, persetujuan pun sudah ada, hanya tinggal menunggu waktu yang tepat dan mengatur jadwal bu Menlu,” ujarnya kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis (28/1).

Pada akhir Desember 2015, nama konsul kehormatan sudah ditetapkan pemerintah namun belum dipublikasikan. Kemlu mengumumkan konsul kehormatan adalah seorang wanita asal Ramallah, Maha Abu Susheh.

Nantinya Konsul Kehormatan RI tersebut akan berfungsi untuk membantu warga negara Indonesia (WNI) yang mengalami masalah di wilayah tersebut, serta memberikan masukan mengenai kerjasama ekonomi dengan berkooordinasi dengan Perwakilan Indonesia lainnya.

Indonesia juga sebelumnya mendukung keanggotaan Palestina di UNESCO. Di samping itu, dukungan Indonesia untuk Palestina bisa terlihat dari terselenggaranya konferensi mengenai permasalahan Yerusalem (Al-Quds) yang berlangsung pertengahan Desember 2015.

Indonesia juga terus melakukan capacity building dengan bantuan sebesar US$ 100 juta serta berpartisipasi dalam Conference on Cooperation among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) ke-3.(L/P008/Anj/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)