Menlu Arab Saudi akan Kunjungi Indonesia Pekan Depan

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Adel bin Ahmed Al-Jubeir akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada 22-23 Oktober dan dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral atau sidang komisi bersama Menlu RI Retno LP Marsudi. 

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir dalam jumpa pers yang diselenggarkan di Kemlu RI, Jakarta, Kamis (18/10). 

“Ini merupakan pertemuan pertama tingkat Menlu, karena sebelumnya hanya pada tingkat Dirjen. Pertemuan ini juga merupakan tindak lanjut hasil kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al-Saud tahun lalu,” jelasnya. 

Adapun tujuan dari pertemuan tersebut, Arrmanatha menambahkan, sidang komisi bersama ini adalah untuk melakukan review dari berbagai kegiatan dan program kerja sama yang telah dilakukan selama satu tahun terakhir oleh kedua negara. 

“Beberapa isu yang akan menjadi perhatian antara lain di bidang politik mengenai penanggulangan terorisme, di bidang ekonomi upaya untuk meningkatkan perdagangan dan investasi, termasuk juga kerja sama perikanan, energi, perhubungan, antarkadin dan priwisata,” kata Arrmanatha. 

Ia mengatakan, sementara di bidang sosial budaya beberapa kerja sama yang akan dibahas antara lain mengenai keagamaan, ilmu pengetahuan dan pendidikan. 

Fokus pembahasan Indonesia juga salah satunya mengenai perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Arab Saudi, menginat jumlahnya yang cukup banyak yaitu sekitar 608.000 ribu WNI,” jelas Arrmanatha.(L/R04/B05) 

Mi’raj News Agency (MINA)