Menlu AS: Militer Myanmar Bertanggung Jawab atas Krisis Rohingya

Warga yang melarikan diri dari Negara Bagian Rakhine, . (Foto: O. Elif Kezil/DW)

Washington, MINA – Menteri Luar Negeri Rex Tillerson mengatakan menuntut pertanggungjawaban kepemimpinan militer Myanmar atas tindakan keras terhadap komunitas minoritas Muslim Rohingya.

“Dunia tidak bisa hanya diam saja dan menjadi saksi kekejaman yang dilaporkan terjadi di wilayah tersebut,” tegas Tillerson kepada think tank Center for Strategic and International Studies, Rabu (18/10), seperti dilansir Deutsche Welle yang dikutip MINA.

“Kami benar-benar meminta kepemimpinan militer (Myanmar) bertanggung jawab atas apa yang terjadi,” kata Tillerson, menambahkan AS ‘sangat prihatin’ dengan krisis tersebut.

“Washington memahami Myanmar menghadapi masalah militansi, namun militer harus didisiplinkan dan dikendalikan,” tegasnya.

Tillerson tidak mengatakan apakah AS akan mengambil tindakan terhadap para pemimpin di Myanmar atas serangan yang telah mendorong lebih dari 500.000 warga minoritas Rohingya di negara tersebut melarikan diri ke Bangladesh.

Muslim Rohingya telah meninggalkan Myanmar dalam jumlah besar sejak akhir Agustus ketika serangan gerilyawan Rohingya dibalas dengan operasi besar-besaran oleh militer, yang dituduh melakukan pembakaran desa-desa Rohingya, pembunuhan, dan pemerkosaan.

“Seseorang, jika laporan ini benar, harus dituntut atas masalah ini,” kata Tillerson. “Dan terserah kepada pimpinan militer Burma untuk memutuskan arah mana yang akan mereka mainkan di masa depan Burma?”

Tillerson mengatakan Washington memandang Myanmar sebagai ‘sebuah negara berkembang yang penting’, namun krisis Rohingya merupakan ujian bagi pemerintah dalam pembagian kekuasaan.

Komentar Tillerson datang menyusul sebuah laporan dari kelompok aktivis hak asasi manusia Amnesty International yang menyebut pasukan keamanan Myanmar melakukan pembersihan secara sistemik terhadap orang-orang Rohingya.

Menurut laporan tersebut, yang dibuat berdasarkan wawancara dengan lebih dari 100 pengungsi, , seperti dimuat VOA, pasukan keamanan menembak ratusan orang Rohingya yang mencoba melarikan diri dari desa mereka dan membakar sampai mati orang tua dan orang sakit yang terlalu lemah untuk melarikan diri. (T/R11/RS3)

 

Miraj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.