Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menlu AS Minta Israel Hentikan Kekerasan Pemukim di Tepi Barat

sajadi - Sabtu, 18 November 2023 - 08:42 WIB

Sabtu, 18 November 2023 - 08:42 WIB

2 Views

Washington, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken meminta Israel mengambil langkah mendesak untuk mengekang kekerasan yang dilakukan pemukim kolonial Israel terhadap warga sipil Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

Pernyataan Blinken disampaikan melalui panggilan telepon dengan menteri kabinet Israel pada masa perang, Benny Gantz.

“Blinken menekankan kebutuhan mendesak akan langkah-langkah afirmatif untuk meredakan ketegangan di Tepi Barat, termasuk dengan menghadapi meningkatnya tingkat kekerasan ekstremis pemukim,” kata Departemen Luar Negeri AS dalam pernyataan persnya, seperti dikutip oleh Wafa, Jumat (17/11).

Kekerasan pemukim Israel telah meningkat secara signifikan sejak dimulainya kampanye genosida Israel di Gaza, rata-rata tiga hingga tujuh insiden per hari, menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OHCA).

Baca Juga: Sandera Israel di Gaza Jadi Target Serangan Tel Aviv

Komentar Blinken muncul ketika pasukan pendudukan Israel melakukan penggerebekan di Tepi Barat yang diduduki dan melanjutkan penggerebekan di beberapa rumah sakit besar di Gaza, termasuk Kompleks Medis Al-Shifa, yang memaksa untuk menghentikan operasi di tengah menipisnya bahan bakar yang diperlukan untuk pengoperasian pembangkit listrik.

Prancis juga mengutuk kekerasan yang dilakukan pemukim Israel di Tepi Barat yang diduduki dan menyebutnya sebagai “kebijakan teror” yang bertujuan untuk menggusur warga Palestina dan mendesak otoritas pendudukan Israel untuk melindungi warga Palestina dari kekerasan tersebut.

“Mengenai Tepi Barat, saya ingin menyampaikan kecaman keras Perancis atas kekerasan yang dilakukan pemukim terhadap warga Palestina,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Perancis Anne-Claire Legendre pada konferensi pers.

“Kekerasan yang mempunyai tujuan yang jelas yaitu pemindahan paksa warga Palestina dan kebijakan teror,” lanjutnya.

Baca Juga: Tentara Israel Hancurkan 25 km Jalan di Jenin

Ia mengatakan pihak berwenang Israel perlu mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi penduduk Palestina dan memperingatkan bahwa tindakan pemukiman tersebut merugikan solusi dua negara. (T/RE1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Aktivis Wanita Israel Lempari Ben Gvir dengan Pasir

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony Blinken (kiri) dan Perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) (foto: Anadolu Agency)
Palestina
Palestina
Palestina
Palestina
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia