Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menlu Awali Tugas dengan Hadiri KTT BRICS di Rusia

Widi Kusnadi Editor : Ali Farkhan Tsani - 10 detik yang lalu

10 detik yang lalu

0 Views

MenteriLuar Negeri Indonesia Sugiono (foto: IG)

Kazan, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Sugiono menghadiri KTT BRICS di Rusia menandai tugas perdananya ke luar negeri. KTT BRICS yang digelar di Kazan, Rusia, 23-24 Oktober 2024.

Kehadiran Menlu Sugiono di forum tersebut menjadi komitmen bahwa Indonesia berberan aktif di forum-forum internasional untuk mewujudkan keadilan sosial dan perdamaian.

Pemerintah Indonesia berkomitmen memperkuat peran diplomasi, khususnya dalam mengatasi konflik regional dan memperkuat posisi sebagai kekuatan penengah dalam berbagai isu global.

Negara-negara besar yang tergabung dalam BRICS tengah berupaya memperkuat kerja sama dan mempromosikan stabilitas serta pertumbuhan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga: Bantuan Indonesia untuk Palestina Tiba di Bandara Amman Yordania

BRICS adalah forum kerja sama yang dibentuk oleh Brazil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan (South Africa) untuk membahas isu-isu global terkini, khususnya di bidang ekonomi, politik dan keamanan.

Selanjutnya, BRICS mengumumkan penerimaan enam anggota baru pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-15 di Johannesburg, Kamis, 24 Agustus 2023. Keenam anggota baru tersebut adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Iran, Argentina, dan Etiopia.

Dalam KTT BRICS , Indonesia akan menyuarakan pesan penting perdamaian serta menyerukan pentingnya nagara-negara berkembang untuk bersatu. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Blinken Desak Israel Beri Akses Kemanusian di Gaza Saat AS Tetap Kirim Senjata

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Internasional
Internasional
Kolom