Menlu Bahas Masjid Al-Aqsha dengan Para Dubes OKI

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi. (Foto: Chamid/MINA)

Jakarta, MINA – Memanasnya situasi di dan sekitarnya, membuat Menlu mengundang para duta besar negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk membahas upaya yang dapat dilakukan bersama.

Bertempat di gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Retno juga sekaligus ingin mengklarifikasi terkait laporan Israel sudah mencabut detektor logam yang dipasang di pintu-pintu Masjid Al-Aqsha Palestina.

Mantan Duta Besar untuk Belanda itu juga menegaskan kepada puluhan perwakilan negara OKI di Jakarta untuk mengatasi krisis yang terjadi di situs milik umat Islam itu dengan segera.

“Dalam pertemuan tadi saya sampaikan perlunya negara-negara anggota OKI untuk memiliki satu posisi yang solid dalam menyikapi perkembangan yang terjadi di komplek Masjid Al-Aqsa,” kata Retno.

Pada pertemuan itu, para duta besar negara anggota OKI yang hadir antara lain dari Uzbekistan, Kazakhstan, Libya, Iran, Irak, Turki, Mozambique, UEA dan Qatar.

Undangan disampaikan kepada 31 orang duta besar negara anggota OKI. Namun, hanya sembilan diantaranya yang hadir pada pertemuan tersebut. (L/RE1/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)