Menlu Bahrain: Negara Kuartet Tidak Blokade dan Ancam Qatar

Menteri Luar Negeri Bahrain Sheikh Khaled bin Ahmed Al-Khalifah. (Foto: AP)

Manama, MINA – Menteri Luar Negeri Bahrain Sheikh Khaled Al-Khalifa mengatakan, negara-negara Kuartet Anti Teror (ATQ) tidak memblokade atau mengancam Qatar.

Ia menegaskan bahwa Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir yang terhimpun sebagai anggota ATQ, siap duduk bersama Qatar untuk mendiskusikan tuntutan yang diajukan.

Pernyataan itu Sheikh Khaled sampaikan dalam sebuah wawancara dengan Russia Today TV pada Kamis (21/9). Demikian Arab News memberitakannya yang dikutip MINA.

Dia mengungkapkan harapannya bahwa krisis tersebut dapat ditangani sebelum KTT GCC yang akan berlangsung di Kuwait.

Menurutnya, penyebab krisis yang baru muncul 100 hari yang lalu, sudah dimulai sejak lama.

“Kami sangat sabar dengan perilaku Qatar dalam waktu lama dan menandatangani kesepakatan yang tidak dihormati Doha,” kata Sheikh Khaled.

Mengenai mediasi Kuwait dalam krisis Qatar, dia menegaskan bahwa mediasi masih ada dan mereka berharap ini berhasil.

“Namun kami melihat beberapa langkah dan ketegasan Qatar yang telah mencegah kemajuan,” tambahnya.

Keempat negara ATQ telah memutuskan hubungan dengan Qatar karena menuduhnya telah mendanai sejumlah kelompok “teroris”. Namun, tudingan itu berulang kali dibantah keras oleh pemerintah Qatar. (T/RI-1/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.