Menlu Belgia Serukan Gelar Konferensi Ekonomi Dukung Gaza

, 4 Sya’ban 1437/11 Mei 2016 (MINA) – Menteri Luar Negeri , Didier J.L. Reynders yang tengah melakukan kunjungan ke Gaza menyerukan kepada masyarakat dunia untuk menggelar konferensi ekonomi di Brussel guna mendukung ekonomi dan rekontruksi di Jalur Gaza.

Dalam konferensi pers Selasa (10/5) yang digelar di atas puing-puing bangunan rumah di kampung Sejaiyah Gaza, Reynders meminta Israel agar membuka akses dan distribusi bahan bangunan ke Jalur Gaza  dan memberikan fasilitas untuk pembangunan rumah dan sekolah yang rusak, demikian laporan Pusat Informasi (PIP) dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Setelah melakukan kunjungan dengan melihat runtuhan rumah-rumah yang hancur di kampung Sejaiah, Menlu Belgia ini menyatakan bahwa rekontruksi Jalur Gaza berjalan dengan sangat lamban.

“Agar proses pemulihan Gaza dipercepat sebagai langkah darurat dan memberikan pasokan bahan bangunan sehingga warga di Jalur Gaza  bisa hidup secara normal dan stabil,” ujar Reynders.

Reynders juga menyampaikan agar semua pihak terkait, memiliki kepedulian dalam mendukung Jalur Gaza  untuk melakukan pemulihan.

Konferensi ekonomi yang ia gagas digelar di Brussel tidak hanya membahas pemasokan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

“Kami melakukan pembicaraan dengan pemerintah Israel untuk memberikan akses lebih banyak untuk memberikan pasokan bahan bangunan dan pembicaraan itu terus dilakukan,” tambahnya.

Reynders tiba di Jalur Gaza  melalui perlintasan Bethanon dari arah Israel sebelumnya telah bertemu dengan koleganya dari Turki dan Swiss di Jalur Gaza.(T/hna/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.