Menlu: Indonesia Sangat Siap Jadi Tuan Rumah KTT Luar Biasa OKI

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Foto: Chamid/MINA
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Foto: Chamid/MINA

Jakarta, 1 Jumadil Awwal  1437/9 Februari 2016 (MINA) – Menteri Luar Negeri , Retno L Marsudi mengatakan, Indonesia sangat siap menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa OKI tentang Palestina pada tanggal 6 dan 7 Maret 2016 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi I DPR dengan Menteri Luar Negeri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (09/02).

mengatakan Indonesia mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kondisi Timur Tengah saat ini.

“Tahun ini (2016, Red) Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi atau biasa di singkat OKI untuk membahas masalah Timur Tengah khusus membahas Al-Quds,” katanya.

Retno menegaskan, bentuk kesiapannya dalam mengadakan KTT Luar Biasa di Indonesia dilihat dari persiapan yang sudah dilakukan dengan matang.

“Selain kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah, juga Indonesia peduli kepada warga Timur Tengah dan termasuk kepada Al-Quds,” katanya.

Direncanakan negaara yang hadir dalam KTT mendatang sebanyak 57 negara yang tergabung dalam anggota OKI.

“Indonesia mempunyai komitmen untuk pencapaian stabilitas dunia dan sekaligus menerjemahkan mandat dari konstitusi Indonesia,” ujar Retno.

Sebelumnya Menlu mengatakan, Selasa, 09 Februari diadakan pertemuan awal antara Indonesia, Palestina dan Sekjen OKI dalam rangka persiapan  penyelenggaraan KTT. (L/Wid/Nrz/P010-P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.