Menlu Iran Akan Kunjungi Pakistan Usai Terjadi Ketegangan Kedua Negara

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian. (Foto: dok. Press TV)

Teheran, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Hossein Amir-Abdollahian berencana melakukan kunjungan resmi ke pekan depan.

dan Menlu Pakistan Jalil Abbas Jilani, mengeluarkan pernyataan bersama pada Senin (22/1) setelah percakapan telepon sebelumnya, Press TV melaporkannya.

“Atas undangan Menlu Pakistan, Amir-Abdollahian akan melakukan perjalanan ke Pakistan pada 29 Januari 2024,” kata pernyataan itu.

Kedua diplomat penting Iran dan Pakistan itu juga sepakat bahwa duta besar kedua negara akan kembali ke pos mereka pada tanggal 26 Januari.

Kedua negara bertetangga ini menyaksikan peningkatan ketegangan lintas batas terkait operasi kontra-terorisme Iran.

Pada 16 Januari, Iran melancarkan serangan drone dan rudal secara bersamaan terhadap dua pangkalan Jaish ul-Adl, sebuah kelompok teror yang dibentuk pada tahun 2012 dan telah melakukan beberapa serangan di tanah Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Kelompok tersebut mengaku bertanggung jawab atas serangan pada bulan Desember 2023 di sebuah kantor polisi di tenggara kota Rask yang menewaskan sedikitnya 11 petugas polisi Iran. Pada tanggal 10 Januari, serangan lain yang dilakukan kelompok tersebut terhadap kantor polisi di kota tersebut menewaskan seorang petugas.

Pakistan melancarkan serangan pada hari Kamis (18/1) terhadap apa yang disebutnya sebagai pangkalan separatis Front Pembebasan Baloch dan Tentara Pembebasan Baloch di wilayah dekat perbatasan Iran.

Pemerintah Teheran mengutuk serangan itu sebagai tindakan yang tidak dapat diterima dan tidak seimbang. (T/RI-1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.