Menlu Iran: Blokade Gaza Harus Dicabut, Segera Adili Israel

Teheran, MINA – Menteri Luar Negeri , Hossein Amir-Abdollahian, menyerukan langkah-langkah yang lebih efektif guna menghentikan serangan di Gaza, mengangkat blokade terhadap wilayah tersebut, dan mengakhiri pendudukan .

Amir-Abdollahian menyampaikan seruan itu pada Rabu (29/11) dalam surat terpisah kepada Sekjen Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) Kao Kim Hourn, Sekretaris Eksekutif Aliansi Bolivarian untuk Rakyat Amerika Kami (ALBA) Félix Plasencia, dan Sekjen Organisasi Perjanjian Keselamatan Bersama (CSTO) Imangali Nurgaliuly Tasmagambetov, serta Ketua Komisi Uni Afrika, Moussa Faki Mahamat.

Dikutip dari Presstv, Kamis (30/11), dalam suratnya kepada Sekjen ASEAN, Amir-Abdollahian menyatakan, badan-badan internasional perlu ikut bertanggungjawab untuk membawa rezim Israel yang melakukan kejahatan ke pengadilan internasional.

Dia menambahkan, Israel melakukan kejahatan keji di Gaza sejak 7 Oktober, yang menewaskan lebih dari 15.000 warga Palestina dan menghancurkan infrastruktur vital serta gedung-gedung publik.

Amir-Abdollahian mengecam Israel karena menggunakan senjata terlarang. Dia juga mengecam Israel karena mengancam akan menggunakan senjata nuklir terhadap wilayah tersebut.

Dia menyoroti tanggung jawab badan-badan internasional untuk meminta pertanggungjawabkan rezim pendudukan atas kejahatannya di Gaza dan membawanya ke pengadilan.

Amir-Abdollahian dalam suratnya kepada Plasencia, memuji sikap ALBA yang jelas tentang perlunya mengakhiri pembantaian di Gaza dan menghormati hukum internasional serta peraturan hak asasi manusia.

Dia juga menyalahkan kelambanan beberapa aktor dan lembaga internasional atas impunitas yang dinikmati oleh Israel atas kejahatan yang dilakukannya selama beberapa pekan terakhir di Jalur Gaza.

Lebih jauh, dia menyerukan kepada sekretaris eksekutif ALBA untuk mengadopsi langkah-langkah yang lebih efektif untuk membantu menghentikan kejahatan rezim Zionis dan meringankan penderitaan rakyat Palestina yang tak berdaya.

Diplomat top Iran ini juga mendesak sekretaris jenderal Organisasi Perjanjian Keselamatan Bersama untuk mengambil langkah-langkah yang lebih efektif untuk mengakhiri serangan Israel terhadap Jalur Gaza dan blokadenya.

Amir-Abdollahian juga memuji sikap ketua Komisi Uni Afrika tentang perlunya mengakhiri serangan Israel dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina yang tertindas. (T/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)