Menlu Iran Tiba di Moskow untuk Selamatkan Kesepakatan Nuklir

Moskow, MINA – Menteri Luar Negeri Iran tiba di Moskow, Rusia, pada Senin (14/5) untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir 2015 setelah penarikan Washington dari kesepakatan pada Selasa lalu.

Irib, TV negara Iran menyiarkan gambar pendaratan Javad Zarif di Moskow setelah tiba sekitar pukul 4 pagi waktu setempat.

Dia dijadwalkan bertemu dengan timpalannya dari Rusia, Sergei Lavrov, demikian The New Arab melaporkan.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia mengkonfirmasi bahwa pasangan itu akan bertemu Senin pagi.

Kedatangan Zarif di ibu kota Rusia mengikuti perjalanan terakhirnya ke Beijing selama akhir pekan, sebagai bagian dari tur diplomatik untuk menemui berbagai pihak dari kesepakatan nuklir P5 +1.

Setelah bertemu dengan mitranya dari Cina pada Ahad (13/5), Zarif mengatakan dia berharap untuk menempa “desain masa depan yang jelas” untuk perjanjian itu.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah berbicara dengan Angela Merkel dari Jerman dan Recep Tayyip Erdogan dari Turki tentang upaya itu, setelah menyuarakan “keprihatinan mendalamnya” atas keputusan Presiden AS Donald Trump.

Langkah Trump yang mundur dari kesepakatan nuklir telah membuat marah sekutu Washington di Eropa serta Cina dan Rusia. (T/RI-1/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments: 0