Menlu Israel Lapid Kunjungi UEA Resmikan Kedubes Israel Pertama di Teluk

Abu Dhabi, MINA – Diplomat top Israel yang baru diangkat menjadi Menteri Luar Negeri membuka kedutaan pertama negara Yahudi di Teluk dalam kunjungan perjalanan ke Uni Emirat Arab pada Selasa (29/6) setelah hubungan dinormalisasi tahun lalu.

“Pembukaan Kedutaan Besar Israel di Abu Dhabi dengan Menteri Kebudayaan dan Pemuda Emirat,” kata Lapid dalam Twitternya, dengan foto dirinya dan Menteri UEA Noura Al-Kaabi saat memotong pita dengan warna biru dan putih, demikian Arab News melaporkan.

Para menteri Israel sebelumnya telah mengunjungi UEA, tetapi Lapid yang baru diangkat menjadi Menlu merupakan pejjabat Israel paling senior yang melakukan perjalanan tersebut, dan yang pertama melakukan perjalanan dalam misi resmi.

“Israel menginginkan perdamaian dengan tetangganya. Dengan semua tetangganya. Kami tidak akan ke mana-mana. Timur Tengah adalah rumah kami. Kita di sini untuk tinggal. Kami menyerukan kepada semua negara di kawasan ini untuk mengakui hal itu, dan untuk datang berbicara dengan kami, ”kata Lapid dalam sambutan pembukaan.

Sejak perjanjian normalisasi yang ditengahi AS diumumkan pada Agustus tahun lalu, Israel dan UEA telah menandatangani serangkaian kesepakatan mulai dari pariwisata hingga penerbangan dan layanan keuangan.

Dalam kunjungannya, Lapid juga akan meresmikan konsulat di Dubai.

Perjalanan Lapid dilakukan hampir setahun setelah negara-negara itu bergerak untuk menormalkan hubungan, dan mengikuti serangkaian kunjungan oleh pejabat Israel yang direncanakan, namun kemudian dibatalkan karena masalah termasuk pandemi Covid dan pertengkaran diplomatik.

Netanyahu, yang digantikan sebagai perdana menteri oleh nasionalis Yahudi Naftali Bennett dalam pemerintahan koalisi yang dibentuk oleh Lapid beberapa pekan lalu, telah menunda kunjungan pada Februari ke UEA dan Bahrain karena pembatasan perjalanan akibat virus corona.

Menurut harian Jerusalem Post, Netanyahu berusaha mencegah menteri luar negerinya Gabi Ashkenazi melakukan kunjungan resmi ke UEA, agar dia tidak mencuri perhatian menjelang pemilihan Maret.

Pada Agustus 2020, mantan penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner dan penasihat keamanan nasional Israel Meir Ben-Shabbat membuat sejarah dengan terbang ke Abu Dhabi dengan pesawat El Al dari Israel.

Hal itu digembar-gemborkan oleh kedua belah pihak sebagai terobosan dalam upaya perdamaian di Timur Tengah, ditandai dengan mendaratnya pesawat El Al berhiaskan kata “damai” dalam bahasa Inggris, Arab, dan Ibrani.

Kesepakatan normalisasi yang dicapai Israel dengan UEA, diikuti oleh kesepakatan dengan Bahrain, Maroko dan Sudan juga tahun lalu, telah dikutuk oleh Palestina.

Mereka memutuskan kebijakan Liga Arab selama bertahun-tahun untuk tidak menjalin hubungan dengan Israel sampai mereka berdamai dengan Palestina.

Lapid adalah mantan presenter televisi berhaluan tengah yang dengan gigih menyatukan koalisi baru Israel, mengakhiri masa jabatan Netanyahu selama lebih dari satu dekade sebagai perdana menteri.

Dia telah berusaha untuk melepaskan diri dari kebijakan saingannya, dengan mengatakan bahwa pemerintah Netanyahu telah mengambil “pertaruhan yang mengerikan” dengan hanya berfokus pada hubungan dengan partai Republik di Washington. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)