Menlu Israel Suarakan Kekhawatiran Atas Diplomasi AS dengan Iran

Menteri Luar Negeri Antony Blinken (kanan) menyapa Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid dalam pertemuan mereka di Roma, Ahad, 27 Juni 2021. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)

Roma, MINA – Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid telah menyuarakan kekhawatirannya atas diplomasi AS dengan Iran, tetapi ia menjanjikan pendekatan yang tidak terlalu konfrontatif.

Sikap itu Lapid sampaikan dalam pembicaraan tingkat tinggi pertamanya dengan sekutu terdekat negara Yahudi itu.

Lapid terbang ke Roma untuk bertemu Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang sedang melakukan tur Eropa, Ahad (27/6), Nahar Net melaporkan.

Lapid mengatakan, dia siap untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk meminimalkan konflik dengan Palestina, tetapi ia memperjelas kekhawatirannya tentang dorongan Presiden Joe Biden untuk bergabung kembali dengan perjanjian nuklir Iran.

“Israel memiliki beberapa keberatan serius tentang kesepakatan nuklir Iran yang dibuat di Wina,” kata Lapid saat membuka pembicaraan dengan Blinken di sebuah hotel di ibu kota Italia.

“Kami yakin cara untuk membahas ketidaksepakatan itu adalah melalui percakapan langsung dan profesional, bukan dalam konferensi pers,” tambahnya.

Amerika Serikat telah mengadakan pembicaraan tidak langsung dengan Iran yang dipimpin oleh sekutu Eropa di Wina, dengan harapan untuk bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir yang dihancurkan oleh pendahulu Biden, Donald Trump.

Biden dan Blinken berpendapat bahwa perjanjian itu berhasil, karena Iran telah secara drastis mengurangi pekerjaan nuklirnya yang sensitif, sampai Trump menarik diri dan memberlakukan sanksi besar-besaran pada 2018. (T/R-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.