Menlu Korsel Kunjungi Indonesia Bahas Perlindungan TKI

Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Korea Selatan, Kang Kyung-wha (foto:VOA)

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Korea Selatan, Kang Kyung-wha direncakan akan tiba di Indonesia pada pada Ahad (7/4). Ia akan berada di Indonesia selama dua hari (7-8 April) dan melakukan serangkaian pertemuan, termasuk bertemu dengan Menlu RI, Retno L.P. Marsudi.

Direktur Jenderal Asia dan Pasifik Kemlu RI, Desra Percaya mengatakan, Menlu perempuan pertama Korsel tersebut akan bertemu dengan Menlu RI dalam Join Commission Meeting tingkat Menlu yang ketiga di Gedung Pancasila, Kemlu RI, Jl. Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (8/4).

“Pertemuan tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti hasil-hasil pertemuan Presiden RI dan Presiden Korsel, termasuk saat kunjungan presiden RI pada 10-11 September tahun lalu,” jelas Desra dalam keterangan pers breafing media di Jakarta, Jumat (5/4).

Saat kunjungan Presiden RI ke Seoul, Korsel, Indonesia telah menghasilkan 15 perjanjian dan 6 komitmen investasi senilai total 6,2 miliar dolar.

Dalam pertemuan tersebut juga akan dibahas isu strategis dalam hubungan bilateral mencakup kerja sama ekonomi perdagangan dan investasi, industri strategis, ketenagakerjaan, dan perlindungan pekerja migran Indonesia (TKI).

“Kita catat sampai Februari 2019 ada 36.000 pekerja migran Indonesia di Korea Selatan dari 42.000 WNI yang menetap di sana. Ada kebutuhan untuk meningkatkan perlindungan,” ujar Desra.

Desra mengatakan, pertemuan tersebut akan menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk melihat sejauh mana implementasi kerja sama setelah status hubungan ditingkatkan menjadi special strategic partnership pada November 2017 lalu. (L/Sj/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)