Menlu Malki Apresiasi Jepang atas Dukungannya kepada Palestina

Roma, MINA – Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Malki mengapresiasi Jepang atas dukungannya untuk Palestina dan solusi dua negara, serta sikap tegasnya terhadap permukiman ilegal Israel.

Hal itu diungkapkan Al-Malki saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Kenji Wakamiya, di sela-sela Dialog Mediterania di Roma, Italia pada Ahad (8/12). Malki dan Kenji juga membahas masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama, demikian dikutip dari WAFA.

Malki menyatakan penghargaan kepada Jepang atas dukungannya selama puluhan tahun bagi rakyat Palestina, yaitu dengan banyaknya proyek pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Jepang di Palestina selama dekade terakhir, yang sejauh ini menurut Malki telah menciptakan puluhan peluang kerja bagi rakyat Palestina.

Di sisi lain, Kenji menegaskan kembali komitmen negaranya untuk mencapai perdamaian berdasarkan prinsip dua negara, yang mengarah pada pembentukan negara Palestina yang merdeka.

Sejak 1993, Pemerintah Jepang telah memberikan bantuan pembangunan resminya sekitar 1,9 miliar dolar AS, kepada Palestina. Hal itu diserahkan  Pemerintah Jepang melalui Proyek Keamanan Manusia Akar Rumput (GGP) yang telah dirumuskan bekerja sama dengan Otoritas Palestina melalui Kementerian Keuangan dan Perencanaan sejak 2010 lalu. (T/Ais/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)