MENLU NORWEGIA BAHAS REKONSTRUKSI GAZA

Pertemuan Menlu Norwegia di Gaza (Foto : MEMO)
Pertemuan Menlu Norwegia dan Menteri PU dan Perumahan Palestina di Gaza (Foto : MEMO)

Gaza, 14 Dzulqa’dah 1435/9 September 2014 (MINA) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Palestina, Mofeed Al-Hasayneh bertemu dengan Menteri Luar Negeri Norwegia, Borge Brende di rumah Presiden Palestina, Mahmoud Abbas di Gaza, Senin (8/9).

Pertemuan tersebut membahas Gaza akibat dari agresi  Zionis Israel baru-baru ini, yang telah membuat Gaza mengalami kerusakan skala luas mulai dari infrastruktur sipil hingga sektor komersial dan pertanian.

Selama konferensi pers, Al-Hasaynah meminta masyarakat internasional untuk mengunjungi guna menyaksikan hancuran fasilitas umum dan penderitaan yang dialami warga Gaza akibat dari agresi Zionis Israel, seperti dilaporkan Middle East Monitor (MEMO) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Selasa.

Dia mengatakan, Gaza terbuka untuk semua orang, mendesak negara-negara dunia untuk memberikan sumbangan untuk merekonstruksi bangunan di Jalur Gaza yang telah hancur.

Al-Hasaynah menegaskan, pemerintah persatuan nasional bertanggung jawab untuk rekonstruksi dan akan diatur oleh kementerian pekerjaan umum dan perumahan bekerjasama dan koordinasi dengan Badan PBB Bantuan dan Pekerjaan (UNRWA) serta United Nations Development Programme (UNDP).

Sementara Menlu Norwegia, Borge Brende mengatakan, ia akan bertemu dengan Mahmoud Abbas setelah pertemuannya dengan Perdana Menteri Israel, Netanyahu pagi kemarin, untuk membahas rekonstruksi, serta mekanisme membantu warga Gaza.

Dia menegaskan, perlunya untuk mencari solusi konflik. “Kami benar-benar mendukung perdamaian dan solusi dua negara, dan kami mendukung hak rakyat Palestina untuk memiliki negara berdaulat di tanah mereka,” (T/P002/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0