Menlu Palestina Minta Jepang Akui Negara Palestina

(Ahmed Abu Hameeda)

Ramallah, MINA – Menteri Luar Negeri dan Asing Palestina Riyad al-Malki meminta Jepang untuk mengakui Negara Palestina.

Permintaan itu disampaikan dalam pertemuan di Ramallah dengan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi, Selasa (17/8), Wafa melaporkan.

Mereka membahas situasi saat ini di lapangan dan pelanggaran Israel yang terus berlanjut, termasuk perampasan tanah warga Palestina, pembangunan permukiman, pengusiran paksa keluarga Palestina dari rumahnya di lingkungan Sheikh Jarrah Yerusalem, dan upaya untuk mengubah status quo di Yerusalem.

Mereka lebih lanjut membahas cara untuk mempromosikan dan memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

Maliki meminta Jepang untuk menekan Israel agar menghormati perjanjian yang ditandatangani, serta membantu pihak Palestina dan Israel untuk menciptakan lingkungan yang tepat guna menghidupkan kembali proses perdamaian, dan meluncurkan negosiasi di bawah naungan internasional.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Jepang menekankan posisi negaranya dalam mendukung prinsip solusi dua negara. Ia mencatat bahwa Jepang akan terus mendukung dialog politik antara pihak-pihak terkait.

Dia menambahkan bahwa Jepang akan melanjutkan upaya membangun kepercayaan serta penyediaan bantuan ekonomi dan kemanusiaan untuk Palestina. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.