Menlu Palestina Minta Jepang Akui Negara Palestina

(Ahmed Abu Hameeda)

Ramallah, MINA – Menteri Luar Negeri dan Asing Riyad al-Malki meminta untuk mengakui .

Permintaan itu disampaikan dalam pertemuan di Ramallah dengan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi, Selasa (17/8), Wafa melaporkan.

Mereka membahas situasi saat ini di lapangan dan pelanggaran Israel yang terus berlanjut, termasuk perampasan tanah warga Palestina, pembangunan permukiman, pengusiran paksa keluarga Palestina dari rumahnya di lingkungan Sheikh Jarrah Yerusalem, dan upaya untuk mengubah status quo di Yerusalem.

Mereka lebih lanjut membahas cara untuk mempromosikan dan memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

Maliki meminta Jepang untuk menekan Israel agar menghormati perjanjian yang ditandatangani, serta membantu pihak Palestina dan Israel untuk menciptakan lingkungan yang tepat guna menghidupkan kembali proses perdamaian, dan meluncurkan negosiasi di bawah naungan internasional.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Jepang menekankan posisi negaranya dalam mendukung prinsip solusi dua negara. Ia mencatat bahwa Jepang akan terus mendukung dialog politik antara pihak-pihak terkait.

Dia menambahkan bahwa Jepang akan melanjutkan upaya membangun kepercayaan serta penyediaan bantuan ekonomi dan kemanusiaan untuk Palestina. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.