Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menlu Retno Dapat Penghargaan dari Presiden Palestina

kurnia Editor : Widi Kusnadi - Selasa, 20 Agustus 2024 - 05:58 WIB

Selasa, 20 Agustus 2024 - 05:58 WIB

18 Views ㅤ

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri dan Ekspatriat Palestina, Riyad al-Maliki di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa 20 Agustus 2024 (Foto: MINA)

Jakarta, MINA – Pemerintah Palestina menganugerahi penghargaan ‘Star of Merit of the Order of the State of Palestine‘ kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi sebagai apresiasi atas jasanya mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Menlu Retno Marsudi mengatakan, bahwa penghargaan yang diserahkan oleh Penasihat Presiden Palestina untuk Urusan Luar Negeri Riyad Al-Maliki tersebut merupakan bentuk pengakuan pemerintah Palestina terhadap peran dirinya menyuarakan dan membela hak Palestina di kancah internasional.

“Namun, intinya bukan pada medalinya, tetapi pada konsistensi kita (Indonesia) membela Palestina karena itu adalah amanah konstitusi kita,” kata Menlu Retno di Jakarta, Senin (19/8).

Al-Maliki memberikan penghargaan tersebut usai Menlu Retno menyampaikan sambutannya saat meresmikan pemugaran Gedung Pancasila di kompleks Kemlu RI. Ia pun segera mengenakan kalung penghargaan tersebut usai menerimanya.

Baca Juga: Anies: Mahasiswa Harus Berani Sampaikan Pendapat, Meski Lawan Arus

Menlu Retno juga menyatakan, kehadiran Penasihat Presiden Palestina saat Indonesia merayakan kemerdekaannya memiliki makna simbolis yang dalam atas dukungan Indonesia terhadap Palestina.

“Apalagi, Palestina adalah termasuk negara yang paling pertama mengakui kemerdekaan Indonesia,” kata Menlu Retno, menambahkan.

Sementara, Al-Maliki menyatakan penghargaan tersebut mencerminkan eratnya kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan Palestina, khususnya antara Menlu Retno dengan dirinya sebagai sejawat menteri luar negeri.

“Beliau telah menjadi Menlu selama 10 tahun, sementara saya 17 tahun. Kami sering bertemu, berkoordinasi, dan bahkan berstrategi bersama demi membela perjuangan bangsa Palestina,” kata Al-Maliki.

Baca Juga: Dompet Dhuafa Gandeng Titimangsa, Suguhkan Teater Musikal tentang Palestina

Selain Menlu Retno, Presiden RI Joko Widodo juga menerima penghargaan ‘Grand Collar of the Order of the State of Palestine’ yang juga diserahkan oleh Al-Maliki pada Senin pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Penasihat Presiden Palestina itu menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas kepada Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia atas peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Al-Maliki turut menyampaikan apresiasi dari Presiden Abbas atas peran penting Indonesia dalam mendukung rakyat Palestina, termasuk advokasi Indonesia untuk gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, dan solusi dua negara.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Imbas Gempa Garut-Bandung, 14 Perjalanan Kereta Whoosh Dibatalkan

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Indonesia
Kolom
Indonesia
Indonesia
MINA Preneur
Khadijah
MINA Health