Menlu Retno Hadiri Pertemuan Menlu G20 di Italia

Matera, MINA – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menghadiri Pertemuan Pertemuan Menlu G20 di Matera, Italia, Selasa (29/6).

Sebelum acara utama, Menlu melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah Menlu, antara lain Menlu Brunei Darussalam, Menlu India; Menlu Jepang, Menlu Singapura dan Menlu Spanyol pada Senin (28/6) malam waktu setempat.

“Kemarin, tanggal 27 Juli 2021 di Roma, saya juga telah lakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Italia dan Menlu Kanada,” kata Menlu RI dalam keterangan persnya.

Dalam pertemuan-pertemuan tersebut, lanjut Retno, terdapat dua hal utama yang dibahas, mengenai kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah KTT G20 untuk tahun 2022.

“Negara-negara G20, sampaikan dukungan penuh terhadap presidensi Indonesia tahun depan,” ujar Retno.

Kemudian yang kedua adalah mengenai pentingnya penguatan diplomasi di bidang kesehatan.

Menlu RI menyampaikan, munculnya varian baru, lebih mendorong dunia untuk mempercepat vaksinasi secara equal. Dalam kaitan ini, Indonesia terus mendorong diterapkannya kesetaraan akses vaksin bagi semua negara.

G20 atau kelompok 20 kekuatan ekonomi utama dunia terdiri dari 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa.

G20 adalah forum ekonomi sebagai ajang komunikasi dan kerjasama melalui penyelenggaraan pertemuan rutin atau tahunan.

Pertemuan tersebut untuk mengkaji, meninjau, dan mendorong diskusi mengenai kebijakan-kebijakan yang mengarah pada stabilitas keuangan internasional dan mencari upaya-upaya pemecahan masalah prekonomian. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)