Menlu Retno Hadiri Pertemuan Menlu-Menlu ASEAN di Bangkok

Menlu RI Retno LP Marsudi dan Menlu negara-negara ASEAN membahas persiapan akhir KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand (dok: Menlu RI)

Bangkok, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi tiba di Bangkok, Thailand pada Jumat (21/6).

Ia menghadiri pertemuan dengan para Menlu negara-negara ASEAN lainnya, untuk mempersiapkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 yang berlangsung pada 22-23 Juni 2019.

“Para Menlu ASEAN membahas beberapa isu yang dipersiapkan untuk KTT nanti, seperti tentang masalah Negara Indo-Pasifik dan Rakhine state, kata Menlu Retno dalam akun Twitternya.

Rencananya, Menlu Retno akan mendampingi Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN ke-34 yang akan berlangsung dua hari di Bangkok, Thailand.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, KTT ASEAN mengangkat tema “Advancing Partnership for Sustainability”. Tema tersebut diangkat dengan tujuan meningkatkan sinergi antara visi masyarakat ASEAN 2025 dengan agenda pembangunan berkelanjutan di bawah PBB.

Di sela-sela persiapan KTT ASEAN tersebut, Menlu Retno melakukan pertemuan bilateral dengan rekannya dari beberapa negara termasuk dengan Menlu Vietnam, Pham Bihn Mihn.

Pada pertemuan tersebut kedua Menlu membahas masalah bilateral dan ASEAN. “Kami sepakat untuk mengadakan konsultasi di tingkat Wakil Menteri membahas masalah kelautan,” kata Menlu Retno.

Sementara itu dalam pertemuan dengan Menlu Thailand Don Pramudwinai, keduanya membahas persiapan akhir KTT ASEAN. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)