Menlu Retno: Indonesia Akan Terus Bersama Palestina

Padang, MINA – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, Palestina adalah isu kemanusiaan, isu ketaaatan pada hukum internasional dan ketaatan pada resolusi PBB.

“Jalan masih panjang bagi Palestina, tapi akan terus bersama sampai ,” kata di hadapan sekitar 1.000 mahasiswa pada Talkshow di Convention Hall Universitas Andalas, Padang, Sabtu (2/2).

Dilansir dari kemlu.go.id Retno menegaskan, mengenai Palestina, Indonesia terus secara konsisten mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina.

Menlu Retno memaparkan Open Debate DK PBB yang baru dihadirinya, Indonesia mengangkat isu Palestina pada tanggal 22 Januari 2019.

Indonesia menegaskan, tidak ada solusi lain untuk menyelesaikan konflik Israel Palestine kecuali “two state solution”.

“It’s the only solution,” tegas Menlu Retno.

Pada tanggal 23 Januari, Kemlu Palestina langsung mengeluarkan rilis khusus yang isinya berterimakasih atas dukungan Indonesia.

Dalam acara Diplomacy Festival (Diplofest) berthema sosialisasi diplomasi Indonesia itu, menteri juga mengemukakan,  upaya diplomasi kemanusiaan Indonesia seperti pada isu Rakhine State. Lembaga Kemanusiaan MER-C sedang membangunan Rumah Sakit Indonesia di sana.

Ia menegaskan, diplomasi yang aktif, bersahabat, bermartabat dan dapat berkontribusi pada perdamaian adalah ciri diplomasi ala Indonesia.

“Indonesia akan terus berada di garda terdepan untuk memastikan isu kemanusiaan dapat diselesaikan dengan bermartabat,” tegasnya.

Talkshow Menlu RI di Universitas Andalas merupakan bagian dari rangkaian kegiatan “Diplofest” atau Diplomacy Festival yang diadakan Kementerian Luar Negeri di Padang pada 1-2 Februari 2019.

“Diplofest” bertujuan untuk mendekatkan dunia diplomasi dan langkah diplomasi Indonesia kepada kalangan generasi muda. Sebelumya, Diplofest telah sukses diselenggarakan di Yogyakarta pada 25 – 26 Oktober 2018 , Surabaya pada 23 – 24 November 2018 dan Bandung 18-19 Desember 2018.  (R/Ais/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.