Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menlu Retno Suarakan Hak Perempuan Afghanistan di Sidang Umum PBB

Arina Islami Editor : Widi Kusnadi - 24 detik yang lalu

24 detik yang lalu

1 Views

Menlu Retno dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi untuk Masa Depan di Markas Besar PBB New York, Amerika Serikat, Senin (23/9/2024) (foto: Infomed Kemlu RI)
Menlu Retno dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi untuk Masa Depan di Markas Besar PBB New York, Amerika Serikat, Senin (23/9/2024) (foto: Infomed Kemlu RI)

New York, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menegaskan pentingnya memperjuangkan hak-hak perempuan Afghanistan dalam sebuah forum pada Sidang ke-79 Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat pada Senin (23/9) waktu setempat.

“Nama saya Retno Marsudi. Saya seorang perempuan, seorang ibu, seorang nenek, dan seorang Muslim. Namun, saya punya kebebasan, kesetaraan untuk mendapatkan apa saja, termasuk berada di forum ini,” kata dia membuka pidatonya dalam forum “The Inclusion of Women in the Future of Afghanistan.” Diberitakan Antara, Selasa (24/9).

Namun, Retno mempertanyakan kenapa hak serupa tidak didapatkan oleh para perempuan di Afghanistan. Dia juga mengangkat isu soal kondisi mengkhawatirkan yang dialami mereka.

“Mereka menghadapi kemunduran dalam pendidikan, pekerjaan, dan kebebasan sosial. Menurut UNESCO, sedikitnya 1,4 juta perempuan dilarang mengakses pendidikan menengah pada 2024,” kata dia.

Baca Juga: Kedubes Jepang Gelar Resepsi Bersama TNI Alumni National Defense Academy

Indonesia, kata Retno, telah menyampaikan komitmen untuk mendukung perjuangan perempuan di Afghanistan. Salah satunya melalui Konferensi Internasional Pendidikan Perempuan Afghanistan di Bali pada Desember 2022.

“Indonesia juga meyakini pentingnya menjunjung proses perdamaian yang dipimpin dan diajukan oleh Afghanistan sendiri demi menciptakan perdamaian jangka panjang,” kata Retno.

Mengakhiri pidatonya, dia menyerukan masyarakat dunia untuk ikut menggaungkan suara perempuan Afghanistan.

Forum panel tersebut dihadiri pula oleh sejumlah tokoh perempuan, aktris Hollywood Meryl Streep, dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.[]

Baca Juga: Agresi Israel di Lebanon Tewaskan 492 Orang

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Amerika
Palestina
Indonesia
Internasional