Menlu RI Akan Hadiri KTT OKI Bahas Rencana Aneksasi Israel

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi direncanakan akan menghadiri Konferensi Tingkat Menteri Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang akan diselenggarakan secara daring pada Rabu (10/6).

Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas situasi terkini di Palestina, khususnya rencana Israel untuk menganeksasi sebagian wilayah Palestina di Tepi Barat.

Rencana Israel tersebut muncul pasca kesepakatan pembentukan pemerintahan koalisi antara Benyamin Netanyahu dan Jenderal Benny Gantz.

Retno akan menyampaikan pandangan Pemerintah RI serta usulan berupa langkah-langkah konkrit yang perlu dipertimbangkan OKI untuk mencegah aneksasi wilayah yang direncanakan oleh Israel tersebut.

Pertemuan tersebut akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, dalam kapasitas nya sebagai Ketua Komite Eksekutif OKI.

Menurut rencana, pada akhir pertemuan, para menlu negara OKI akan mengesahkan dokumen akhir berupa resolusi.

Resolusi tersebut akan memuat antara lain dorongan kepada seluruh negara anggota OKI untuk mengambil langkah-langkah politik, hukum, dan ekonomi sebagai tanggapan atas rencana aneksasi wilayah Palestina oleh Israel tersebut. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.