Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT G20 di Osaka

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo diagendakan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang pada 28-29 Juni 2019,  antara lain didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

“Karena jadwal di dalam negeri yang ketat, Presiden hanya akan berada di Osaka selama dua hari pada tanggal 28-29 Juni,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Christiawan Nasir saat Press Breafing pekanan di Jakarta, Rabu (26/6).

Selain pertemuan tersebut, menurut Tata, panggilan akrabnya, sudah diatur pertemuan bilateral dengan beberapa negara, termasuk Arab Saudi dan Australia.

“Saat ini ada beberapa negara yang sudah mengindikasikan, yaitu Arab Saudi dan Australia,” katanya.

Sementara itu, dalam kali ini, ada empat sesi pertemuan dengan topik pembahasan yang berbeda. Topik-topik tersebut antara lain: pertama, kondisi ekonomi global, perdagangan dan investasi.

Kedua, inovasi ekonomi digital dan kualitas infrastruktur. Ketiga, ketenagakerjaan, pemberdayaan perempuan, inklusivitas, tujuan pembangunan berkelanjutan. Kemudian yang keempat, isu perubahan iklim, energi dan lingkungan hidup.

Ada pun isu yang akan menjadi perhatian utama pemerintah Indonesia dalam KTT G20 itu, menurut Arrmanatha, adalah inklusivitas dalam ekonomi digital dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka pembangunan berkelanjutan. (L/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)