Menlu RI Harapkan Dukungan GNB Terhadap Palestina

Foto: Kemlu RI

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi pada Konferensi Tingkat Menteri Gerakan Non Blok () di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-75, Jumat (9/10), menekankan harapan dukungan negara-negara GNB terhadap perjuangan .

Selain itu, Menlu RI juga menekankan, GNB harus menjadi kekuatan positif dalam menghadapi tantangan dunia saat ini.

​“Gerakan Non Blok harus bersatu dan menjadi kekuatan positif di tengah dinamika geopolitik global saat ini,” tegas Retno.

Menlu menjelaskan, rivalitas yang semakin tajam antara kekuatan besar menimbulkan ketegangan dan ketidakpercayaan, yang menghambat kerja sama antarnegara dalam melawan pandemi COVID-19. Sementara, kecenderungan unilateralisme semakin meningkat dan mengikis kepercayaan pada sistem multilateral.

Pertemuan yang dilakukan secara virtual dan dipimpin oleh Menlu Azerbaijan selaku Ketua GNB periode 2020-2021, mengangkat tema “Bandung+65: More Relevant, United and Effective NAM against Emerging Global Challenges, including COVID-19”, sekaligus memperingati 65 tahun Konferensi Asia-Afrika.

“Dengan 120 anggota dan hampir 60 persen populasi dunia, GNB memiliki kekuatan ukuran dan jumlah. Kita harus menerjemahkan kekuatan itu menjadi pengaruh positif bagi dunia. Prinsip-prinsip Dasasila Bandung masih tetap relevan”, tegas Menlu.

Terkait pandemi, Menlu RI menyerukan GNB untuk memperjuangkan akses yang berkeadilan terhadap obat dan vaksin COVID-19, serta teknologi kesehatan dan sumber daya yang diperlukan.

Di akhir pertemuan telah disepakati sebuah deklarasi sebagai outcome document, yang memuat tiga elemen utama, yaitu menegaskan kembali tujuan dan prinsip Piagam PBB, menegaskan kembali komitmen politik GNB terhadap Dasasila Bandung, serta menyoroti tantangan yang saat ini dihadapi akibat pandemi COVID-19. (R/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.