Menlu RI-Menlu AS Bahas Masalah Palestina

Foto: Kemlu RI

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi pada Kamis (19/10) menerima kunjungan Menlu AS Mike Pompeo. Salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah mengenai masalah Palestina.

“Kami membahas masalah Palestina. Saya menyebutkan bahwa masalah ini dekat dengan hati orang Indonesia,” kata Retno saat konferensi bersama Pompeo secara daring di Kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta Pusat.

Menlu RI juga menegaskan dukungan Indonesia untuk perdamaian Palestina adalah berdasarkan prinsip “solusi dua negara”.

Selain itu, Retno dalam pernyataannya menyampaikan, isu Afghanistan juga dibahas dalam pertemuan tersebut.

“Kami juga mendiskusikan kolaborasi kami di Afghanistan. Kami mengapresiasi kepemimpinan AS dalam membawa perdamaian di Afghanistan dan Indonesia siap berkontribusi lebih pada isu khususnya yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan,” jelasnya.

Sementara itu, Pompeo memuji peran Menlu RI dalam proses perdamaian di Afghanistan.

“Saya sangat mengapresiasi keterlibatan Anda dalam proses perdamaian Afghanistan,” ujarnya

“Dan memastikan setiap laki-laki dan perempuan Afghanistan mempunyai semua haknya yang pantas mereka dapatkan,” tambahnya.

Kunjungan Pompeo ke Indonesia merupakan rangkaian perjalanannya ke India, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia pada 25-30 Oktober 2020.

Pompeo sebelumnya juga pernah berkunjung ke Indonesia pada 2018. Pompeo bertemu dengan Menlu RI dan Presiden Joko Widodo kala itu. (L/RE1)

Mi’raj News Agency (MINA)