Menlu RI: Pemulangan 106 Jamaah Haji Berpaspor Filipina Masih Dalam Proses

Jakarta,  3 Muharam 1438/4 Oktober 2016 (MINA) – Sebanyak 106 Warga Negara Indonesia () berpaspor Filipina yang sudah teridentifikasi, kini berada di Fasilitas Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Manila.

“Pemulangan WNI masih dalam proses, dan kondisi mereka dalam keadaan baik,” ujar saat ditemui setelah acara Diplomatic and Chambers of Commerce Gathering: Sustaining Confidence, Strenghtening Partnership di Gedung Nusantara, Jakarta, Selasa (4/10).

Menlu Retno menjelaskan, saat ini pihaknya sedang menunggu proses clearance dan sambil menyiapkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) untuk kepulangan para WNI.

Menurut jadwal yang ada, semua proses administratif kepulangan mereka ke Indonesia akan selesai pada Senin depan 10 Oktober 2016.

“Total keseluruhan WNI belum tahu pastinya berapa. Kami hanya mendapat informasi dari otoritas Filipina, dan belum bisa memberikan angka definitifnya. Namun, hingga hari ini WNI yang sudah ada di berjumlah 106,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, ada sekitar 700 hingga 1.000 jamaah haji asing yang mengambil kuota haji Filipina. Tetapi, tidak semuanya merupakan WNI.(L/P008/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.