Menlu RI: Perdamaian Harus Dibangun, Dirawat dan Dijaga

New York, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P Marsudi menegaskan bahwa harus dibangun, dirawat dan dijaga. 

Hal tersebut disampaikan pada pembukaan pameran foto bertema “Menabur Benih Perdamaian” (Investing in Peace) yang diselenggarakan dalam rangka Presidensi pada Dewan Keamanan PBB, di New York, Amerika Serikat (AS). 

Dalam keterangan tertulis Kemlu RI yang diterima MINA, Selasa (7/4), Menlu Retno mengatakan, 

pameran foto menampilkan berbagai kegiatan diplomasi Indonesia dalam melakukan bina damai di berbagai negara. Menurutnya, pameran foto menampilkan perspektif Indonesia dalam perdamaian, yang sejalan dengan tema yang diangkat Indonesia sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB yaitu Menabur Benih Perdamaian.

Ia juga menyampaikan, bagi Indonesia, perdamaian bukan hanya ditandai dengan tidak adanya perang, namun juga kondisi dimana demokrasi, HAM dan pembangunan sama-sama perjuangkan dan ditegakkan.  Karenanya, perwujudan perdamaian hanya dapat diraih dengan upaya nyata untuk membangun dan memeliharanya.

Berdasarkan prinsip ini, diplomasi kemanusiaan dan kerja sama pembangunan yang dijalankan Indonesia selama ini diarahkan untuk membuahkan hasil nyata, sebagaimana ditunjukkan oleh berbagai foto yang dipamerkan.

Pameran Foto dalam rangka Presidensi Indonesia pada DK-PBB ini menampilkan dokumentasi atas tiga bentuk kontribusi Indonesia bagi perdamaian dunia, yakni: 1) demokrasi dan bina damai, 2) peranan perempuan sebagai agen perubahan dan perdamaian, serta 3) kerjasama pembangunan. 

Pameran foto antara lain menunjukkan kontribusi pasukan pemelihara perdamaian perempuan Indonesia, bantuan pelatihan Indonesia bagi negara-negara Pasifik, Afrika dan Palestina, bantuan kemanusiaan Indonesia di Myanmar, dan sebagainya.

Pameran foto yang terpasang pada dinding South Wall gedung markas besar PBB di New York ini akan berlangsung selama dua pekan, 6-17 Mei 2019. Turut hadir pada resepsi pembukaan pameran foto ini adalah duta besar/wakil tetap negara sahabat negara anggota PBB, antara lain anggota DK-PBB dan ASEAN.(T/R04/RS3) 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.