Menlu RI Sambut Kedatangan 3,5 Juta Vaksin AstraZeneca

Tangerang, MINA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyambut kedatangan hampir 3,5 juta dosis melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (13/7) malam.

“Pada hari ini kita kembali menyaksikan contoh konkret upaya COVAX melakukan pengiriman vaksin kepada negara AMC. Indonesia kembali menerima 3.476.400 dosis vaksin AstraZeneca, melalui jalur multilateral COVAX Facility,” ujar Menlu secara virtual.

sendiri merupakan Ketua Bersama program kerja sama vaksin multilateral COVAX  Advance  Market Commitment Engagement Group (AMC EG) tersebut, dengan Menteri Kesehatan Ethiopia dan Menteri Pembangunan Internasional Kanada.

Retno mengatakan, dengan ini , Indonesia telah menerima vaksin jadi secara gratis dari jalur multilateral sebanyak 14.704.860 dosis.

Indonesia juga telah mengamankan sebanyak 137.611.540 dosis vaksin, baik dalam bentuk bahan baku maupun vaksin jadi.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat Indonesia juga akan kembali kedatangan vaksin COVID-19 melalui kerja sama multilateral dan bilateral.

“Dalam beberapa hari ke depan, Indonesia juga akan menerima vaksin dose-sharing melalui jalur multilateral, COVAX Facility, yaitu [vaksin] Moderna dari Amerika Serikat yang merupakan pengiriman kedua. Kemudian dose-sharing melalui jalur bilateral, yaitu dari Jepang, yang juga merupakan pengiriman  kedua, dan dari Uni Emirates Arab dan ini juga merupakan pengiriman yang kedua,” tambahnya. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.