Menlu RI Tekankan Pentingnya Isu Palestina Sebagai Pusat Perhatian Dunia

Foto: Rifa/MINA

 

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri RI Retno L.P Marsudi tekankan pentingnya menjaga isu Palestina agar selalu menjadi pusat perhatian dunia.

Hal tersebut disampaikan Menlu Retno dalam acara Hari Internasional Solidaritas Palestina di Jakarta, Kamis (30/11).

“Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina ini juga merupakan momentum agar kita tidak mudah terdistraksi isu-isu lain,” ujarnya.

Menlu Retno menjelaskan, selama 50 tahun dunia telah menyaksikan adanya kekejaman dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) oleh Israel, dan Israel jugalah yang telah menganggu proses perdamaian.

“Mengenai hal tersebut, Indonesia sebagai salah satu negara yang mendukung solusi dua negara bagi konflik Israel-Palestina akan mendukung penuh berdirinya negara Palestina yang merdeka dengan Ibu Kota Yerusalem Timur,” kata Menlu Retno.

Menlu Retno menegaskan, Indonesia terus memberikan bantuan capacity building di berbagai sektor sesuai kebutuhan rakyat Palestina, lanjutnya, Retno mengajak masyarakat internasional melakukan hal serupa. Perjuangan kemerdekaan Palestina menjadi salah satu fokus politik luar negeri Indonesia.

Ia juga berharap agar dunia internasional mendukung kemerdekaan Palestina sehingga rakyat Palestina mampu mendapatkan haknya secara utuh.

Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina ini diselenggarakan oleh Kementeian Luar Negeri (Kemlu) RI, Kedutaan Besar Palestina di Indonesia, serta Pusat Informasi PBB di Indonesia.

Acara dihadiri oleh para Duta Besar Timur Tengah dan Duta Besar baru Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun, Direktur UNIC Eshila Maravanyika, Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Yakhsyallah Mansur, Direktur Aqsa Working Group (AWG) Agus Sudarmaji, serta beberapa lembaga dan NGO Pembela Palestina.(L/RA-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.